Juara Piala Suratin U-17 dan U-15 Daerah Mulai Bermunculan

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Jelang putaran nasional Pertamina Piala Suratin U-17 dan U-15, jawara-jawara di tingkat Provinsi mulai bermunculan. Dikarenakan Piala Suratin di beberapa daerah sudah menuntaskan gelarannya. Tercatat 8 dari 34 provinsi sudah menasbihkan dua perwakilannya untuk putaran nasional .

Pada gelaran kali ini, PSSI melakukan terobosan dengan menjalankan kompetisi untuk 2 kelompok usia, yaitu U-17 dan U-15. Dengan maksud memberikan wadah seluas-luasnya bagi pesepakbola muda di seluruh Indonesia menyalurkan bakat dan merasakan atmosfer kompetisi yang baik. Sebelumnya pada edisi Piala Suratin sebelumnya hanya mempertandingkan untuk kelompok usia U-17.

baca juga: Gudang Dinas Pertanian Sumbar Terbakar

Dari Provinsi Maluku Utara, Persiter Ternate menancapkan kedigdayaannya setelah berhasil juara ganda setelah menjadi juara di U-15 dan U-17. Sementara itu dari Kalimantan Barat, Gabsis Sambas menjadi juara U-17 dan Delta Pontianak menjuarai U-15.

Di bumi Andalas, sudah 4 dari 10 Provinsi melahirkan para juara di tahun ini. Seperti di Sumatera Utara, PSMS menjuarai U-17 dan mahkota U-15 menjadi milik PSSA Asahan. Dari Jambi dijuarai Siginjei Sakti pada U-17 dan IKM FC di U-15.

baca juga: Benarkah Kopi Berpotensi Tingkatkan Kemampuan Berolahraga? Ini Kata Pakar

Dari ibukota DKI Jakarta muncul Trisakti FC sebagai jawara U-17 dan Jakarta Timur FC di U-15. Sedangkan di tanah Jawa Barat, tim Patriot Candrabhaga menjuarai U-17 dan Askot Bandung yang digdaya di kategori U-15. Harapannya ke-34 provinsi sudah menuntaskan gelaran di daerah masing-masing sebelum tahapan pendaftaran gelaran nasional dimulai.

Piala prestisius bagi pembinaan pemain muda ini sudah menelurkan banyak pemain bintang yang menjadi tulang punggung Tim Nasional , dari bintang klasik seperti Robby Darwis, Ronny Pasla, hingga Gunawan Dwi Cahyo, Maldini Pali, hingga Gian Zola dan Febri Hariyadi.

baca juga: LIB Segera Gulirkan Liga 1, Bagaimana dengan Agenda Timnas?

“Pertamina Piala Suratin U-17 dan U-15 dari awal pendiriannya selalu mengusung semangat kebangkitan sepakbola nasional dari pemuda-pemuda yang akan jadi tumpuan Tim Nasional di masa depan, inilah akar yang harus kita jaga dan kembangkan bersama. Mari kita semua mengambil peran, sebagai saksi, karena kejayaan Indonesia ada pada pundak mereka,” ungkap Deputi Sekjen PSSI Marco Gracia Paulo dari kantor pusat PSSI.

Piala Suratin yang dimulai sejak tahun 1965 ini rencananya akan memulai putaran nasional di Oktober 2017, dimana tim perwakilan 34 Provinsi akan beradu kemampuan untuk memunculkan juara di masing-masing U-17 dan U-15. Persija Jakarta menjadi pemegang titel terbanyak dengan 4 kali menjuarai Piala Suratin U-17. Pada edisi Piala Suratin terakhir, Persab Brebes yang menjadi kampiun setelah menaklukkan Askot Balikpapan di partai final. (*)

baca juga: DPR: Percepat Bantuan Untuk Pekerja Dampak PPKM

Sumber: PSSI

Penulis: Eko Fajri