Timnas Indonesia Ditahan Imbang Fiji Tanpa Gol

Skuat Timnas senior Indonesia.
Skuat Timnas senior Indonesia. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia meraih hasil mengecewakan saat menjamu timnas Fiji dalam laga ujicoba . Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 2 September 2017, Skuat Garuda hanya mampu bermain imbang tanpa gol meskipun mampu mendominasi pertandingan.

Indonesia memainkan tiga penyerang saat melawan Fiji. Formasi 4-3-3 menjadi pilihan pelatih Luis Milla untuk mempertegas keinginan Skuat Garuda meraih kemenangan pada pertandingan ini. Tiga penyerang yang dimainkan itu adalah Boaz Solossa, Andik Vermansah dan Irfan Bachdim.

baca juga: Ada'Made in Indonesia' di Jersey Baru Inter Milan Musim Depan

Lima menit babak pertama berjalan, Indonesia memiliki peluang emas melalui kaki Boaz. Namun sayang, tendangan penyerang Persipura Jayapura tersebut masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi oleh kiper Fiji, Simone Moci Tamaniau. Begitu juga peluang dari Stefano Lilipaly lima menit kemudian juga gagal diteruskan menjadi gol.

Permainan menyerang yang diperagakan oleh timnas Indonesia benar-benar merepotkan pertahanan Fiji. Pada menit ke-16, kecepatan Andik Vermansah mampu membuat pertahanan Fiji kerepotan sebelum mengirim umpan yang disambut Lilipaly. Sayang, sundulan Lilipaly masih mampu diblok oleh bek Fiji dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

baca juga: Liverpool Juara Liga Inggris, Ini Prediksi Hadiah Uang yang Dikantongi

Serangan demi serangan mampu dibangun oleh para pemain Indonesia yang dimotori Andik dan Irfan Bachdim, namun serangan demi serangan dari Skuat Garuda tak mampu menembus pertahanan Fiji. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Mampu mendominasi permainan namun gagal mencetak gol membuat pelatih Luis Milla melakukan perubahan di babak kedua. Stefano Lilipaly, Johan Alfarizi dan Irfan Bachdim ditarik keluar untuk digantikan Adam Alis, Rizky Pora dan Abdul Rahman.

baca juga: Inter Pesta Gol Lawan Brescia dan Hasil Lain Serie A Semalam

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Boaz langsung mendapatkan peluang emas untuk memecah kebuntuan. Menerima umpan dari Rizky Pora, Boaz mampu menerima umpan itu dengan baik. Sayang, finishing Boaz justur terlihat terburu-buru sehingga peluang emas itu gagal berbuah gol setelah tendangannya melebar.

Pada menit ke-61, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol. Kali ini peluang datang dari I Gede Sukadana yang mendapatkan bola muntah hasil sapuan dari kiper Fiji. Namun tembakan gelandang Bali United itu mampu dihalau oleh bek Fiji sebelum melewati garis gawang.

baca juga: Egy Maulana Dikabarkan Bakal Dilepas Lechia Gdansk, Tiga Klub Eropa Mengintai

Tak kunjung mencetak gol, pelatih Luis Milla kembali melakukan perubahan. Andik Vermansah dan I Gede Sukadana ditarik keluar untuk digantikan M. Rahmat dan Manahati Lestusen pada menit ke-72. Beberapa menit kemudian, Lerby Eliandry dan Slamet Nurcahyo juga dimasukkan untuk menggantikan Benny Wahyudi dan Boaz Solossa.

Masuknya beberapa pemain bertipe menyerang itu semakin membuat serangan Indonesia begitu gencar meneror pertahanan Fiji di sisa waktu pertandingan. Namun beberapa usaha dari Adam Alis, Slamet Nurcahyo hingga sundulan Lerby masih belum mampu menaklukkan gawang Fiji. Skor imbang tanpa gol pun tak berubah hingga pertandingan usai. (*)

sumber : dari berbagai sumber

Penulis: Agusmanto