Wasit dari Australia dan Kyrgyzstan Telah Tiba di Indonesia

PSSI
PSSI (Ist)

KLIKPOSITIF -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) melakukan terobosan dengan menggunakan wasit asing di putaran kedua Liga Gojek-Traveloka. Hal ini dilakukan karena kepemimpinan wasit menjadi salah satu bagian penting dalam penilaian mutu kompetisi.

Dinukil dari laman portal PSSI , wasit asing yang akan bertugas di putaran kedua ini telah tiba di Indonesia yaitu dari Australia dan Kyrgyzstan pada Rabu (2/8). Wasit yang datang pada tahap pertama ini berasal dari anggota AFC.

baca juga: LIB Segera Gulirkan Liga 1, Bagaimana dengan Agenda Timnas?

“Di periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda.” ujar Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI .

PSSI akan menghadirkan dua set perangkat wasit, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit untuk periode pemanggilan pertama. Dengan hadirnya wasit asing, PSSI menginginkan adanya perbaikan kualitas dan mutu pertandingan. Salah satunya adalah kinerja wasit dan perangkatnya. Dipakainya wasit asing selain untuk tujuan itu juga diharapkan bisa memberi pelajaran atau transfer ilmu dengan wasit lokal.

baca juga: Liga 1 Bergulir Bulan Ini, Bagaimana Nasib Liga 2

“Tidak berhenti sampai disitu, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya,” tutup Tisha.

Mengenai teknis penempatan tugas wasit asing tersebut pada Gojek Traveloka Liga 1 , PSSI menyerahkan hal tersebut kepada operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru.

baca juga: RESMI: PSSI Gelar Kompetisi 20 Agustus

Berikut wasit asing yang tiba pada tahap Pertama:

1. Australia
- Evans Shaun Robert
- Brown Wilson Kenneth
- Lakrindis George

baca juga: Liga Tidak Jelas, Eks Semen Padang FC Ini Banting Stir Jualan Online

2. Kyrgyzstan
- Rysbek Sherkerbekov
- Artem Skopintsev
- Eldiiar Salybaev

Penulis: Pundi F Akbar