Teknologi VAR untuk Masa Depan Sepakbola Modern

Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam sepakbola.
Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam sepakbola. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Presiden FIFA , Gianni Infantino kembali memberikan pembelaan soal penggunaan teknologi VAR (Video Assistant Referee) yang terus menjadi kontroversi. Menurutnya, teknologi adalah masa depan sepakbola modern.

FIFA memang mengenalkan teknologi VAR untuk membantu wasit dalam membuat keputusan. Penggunaannya diharapkan bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh wasit dan hakim garis.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Teknologi VAR sendiri sudah beberapa kali diuji dalam sebuah pertandingan sepakbola . Yang paling terkenal adalah saat teknologi ini diuji di laga antara Prancis melawan Spanyol beberapa waktu lalu.

Kala itu, Wasit Felix Zwayer yang memimpin laga tersebut harus membuat keputusan yang membutuhkan pertimbangan dari teknologi tersebut. Zwayer membuat dua keputusan krusial saat dia menganulir gol Antoine Griezmann dan mengesahkan gol Gerard Deulofeu.

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Dan baru-baru ini, pelatih Portugal, Fernando Santos juga mengeluhkan penggunaan VAR di Piala Konfederasi yang menurutnya membingungkan. Namun, Infantino menolak itu sebagai kontroversi, sebaliknya dia menilai VAR adalah masa depan sepakbola .

"Saya sangat bahagia dengan teknologi VAR sejauh ini. Kita telah melihat bagaimana video telah membantu wasit membuat keputusan-keputusan yang tepat. Memang inilah tujuan dari VAR ," ujarnya dilansir Soccerway.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Uji coba VAR selama Piala Konfederasi juga telah membantu untuk memperbaiki proses dan menyempurnakan komunikasi yang ditunggu-tunggu oleh fans selama bertahun-tahun akhirnya terjadi.

"Ini merupakan turnamen yang akan menjadi tonggak sejarah sepakbola . VAR adalah masa depan sepakbola modern," tandasnya. (*)

baca juga: 2 Kali Diberi Kepercayaan Tampil Oleh Shin Tae-yong, Ini Terget Arif Satria Saat Hadapi UEA

sumber : FIFA

Penulis: Agusmanto