Preview Laga Timnas U-22 vs Kamboja

Para pemain Timnas U-22 menggelar latihan.
Para pemain Timnas U-22 menggelar latihan. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Menghadapi Timnas Indonesia dalam laga persahabatan menjadi pertandingan penting bagi Kamboja . Dimana, Kamboja membutuhkan dukungan fans untuk menghentikan catatan buruk, sedangkan Milla ingin menguji mental pemain.

Kendati pertandingan persahabatan di Stadion National Olympic, Kamis 8 Juni 2018 malam WIB dijadikan sebagai ajang ujicoba formasi dan skema permainan, Kamboja dan Timnas Indonesia tetap membidik kemenangan.

baca juga: RESMI: PSSI Gelar Kompetisi 20 Agustus

Kamboja menjadikan duel ini sebagai persiapan menghadapi Afghanistan di Grup C kualifikasi Piala Asia 2019, Selasa mendatang. Sedangkan Indonesia mematangkan tim menyambut kualifikasi Piala Asia U-23 di Bangkok pada Juli, dan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur satu bulan kemudian.

"Target kami adalah melawan Afghanistan. Melawan Indonesia adalah laga penting, tapi bagi saya laga melawan Afghanistan merupakan pertandingan yang harus kami menangi,” ujar pelatih Leonardo Vitorino dikutip laman Khmer Times.

baca juga: TC Timnas Tergantung Pemerintah Terkait PPKM Level 4

Menurutnya, Kamboja tidak pernah mengalahkan Indonesia selama hampir 23 tahun. Dua orang pemain saya masih berusia 17 tahun, sedangkan sebagian besar 20 dan 21 tahun. Karena banyak pemain muda, mereka tidak pernah melihat Kamboja mengalahkan Indonesia .

"Saya sudah bilang kepada mereka agar lebih termotivasi supaya bisa mematahkan mitos itu," tuturnya.

baca juga: 2 Wasit Indonesia Dipercaya Pimpin Pertandingan AFC Cup 2021

Target tak jauh berbeda juga disampaikan Luis Milla. Pelatih tim Garuda ini menjadikan pertandingan melawan Kamboja sebagai kesempatan menguji mental pemain sebelum berlaga di kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017 yang berlangsung di luar Indonesia .

Milla mengajak lima pemain senior berpengalaman, yakni kiper Kurnia Meiga, bek Fachruddin Wahyudi, gelandang Bayu Pradana dan Adam Alis serta striker blasteran Irfan Bachdim.

baca juga: Windy Cantika Aisah, Sumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo

Alasannya, saya ingin melihat permainan kami, dan kekuatan sebagian besar pemain saat bermain jauh dari kandang. Ini penting untuk kualifikasi Piala Asia dan SEA Games,” ujar Milla dinukil laman Kampuchea Thmei. (*)

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Kamboja : Oum Outdom; Nub Tola, Soeuy Visal, Seut Baraing, Chhom Pisa, Tith Dina, Prak Mony Udom, Thierry Chanta Bin, In Sodavid, Keo Sokngon, Chan Vathanaka.

Indonesia : Kurnia Meiga; Bagas Adi Nugroho, Fachrudin Aryanto, Andi Setyo Nugroho, Ricky Fajrin Saputra, Bayu Pradana, Adam Alis, Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, Irfan Bachdim, Yabes Roni.

Penulis: Agusmanto