Tujuh Striker Kelas Dunia Ini Berstatus Free Transfer

Dimitar Berbatov
Dimitar Berbatov (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Bursa transfer di Gojek Traveloka Liga 1 untuk putaran kedua akan dibuka sebentar lagi. Sejumlah tim yang ada di Liga Indonesia pun mulai membenahi diri di semua lini, termasuk di lini depan.

Adanya peluang marquee player membuat klub-klub elit di Liga 1 pun masih berkesempatan untuk merekrut pemain kelas dunia. Hal tersebut semakin diperjelas dengan status free transfer sejumlah pemain kelas dunia yang aral melintang di klub elit Eropa.

baca juga: Proses Naturalisasi Selesai, Ezra Walian Dapat Kembali Membela Timnas

Ada beberapa nama yang sudah dikenal luas, sebut saja Marouane Chamakh, Helder Postiga hingga Dimitar Berbatov. Selain itu, para striker ini juga dibanderol dengan harga murah kisaran Rp1 miliar - Rp5 miliar saja. (*)

Nah, berikut nama-nama striker free transfer yang mungkin bisa bermain di Liga 1: 

  1. Marouane Chamakh: Chamakh adalah seorang striker yang sudah membela sejumlah tim elit, termasuk Arsenal. Pada masanya, Chamakh menjadi salah satu striker yang berbahaya milik Arsenal. Selain itu, di Timnas Maroko, Chamack juga menjadi pilihan pada Piala Dunia 2012 dan 2016 lalu. Penyerang 33 tahun tersebut saat ini membela Crystal Palace dan berstatus free transfer dengan estimasi 2,00 Mill. € atau sekitar Rp4 miliar.
  2. Petar Skuletic: Dia adalah pemain Timnas Serbia Montenegro dan masih berusia 26 tahun. Tapi sayang, pada musim ini, Skuletic lebih banyak menghuni bangku cadangan di klubnya, Lokomotiv Moscow dengan catatan 10 kali bermain dan 2 gol. Saat ini, transfer pemain ini diperkirakan sekitar 2,00 Mill. € atau sekitar Rp4 miliar.
  3. Dimitar Berbatov: Siapa yang tidak kenal dengan Dimitar Berbatov. Striker haus gol yang pernah mencapai masa keemasannya ini di Manchester United. Walau karirnya sempat meredup, pemain Timas Bulgaria di Piala Dunia 2006 dan 2010 ini masih bermain di klub PAOK Thessaloniki. Berumur 36 tahun, Berbatov dibanderol 1,00 Mill. € atau sekitar Rp1,3 miliar di transfermarkt.
  4. Wilmar Jordán: Pemain yang bernama lengkap Wilmar Jordan Gil masih berusia 26 tahun dan bermain untuk klub CSKA Sofia (Bulgaria). Sebelumnya, Jordan juga sudah bermain di beberapa klub elit di K-League dan J-League. Sedikit paham dengan musim di Asia, Jordan sepertinya bisa menjadi pilihan klub Liga 1 dengan estimasi 1,00 Mill. € atau sekitar Rp1,3 miliar.
  5. Luke Moore: Meski tidak sementereng nama pemain Inggris lainnya, Luke Moore tetap bisa menjadi pilihan striker di klub Liga 1 Indonesia. Pemain berusia 31 tahun ini sudah mengakhiri masa kontrak dengan Toronto FC, tapi sampai belum mendapat kejelasan hingga saat ini. Pernah membela Timnas Inggris U-21, Luke Moore dibanderol dengan harga murah, yakni sekitar 700 Th. € atau berkisar Rp900 juta .
  6. Mounir El Hamdaoui: El Hamdaoui adalah pemain berkebangsaan Belanda-Maroko. Dia pernah membela Belanda U-19 dan Timnas Maroko. Berumur 32 tahun, mantan pemain Fiorentina ini bisa menjadi pilihan klub-klub Liga 1. Membela Al Taawon di Liga Saudi Arabia ini, El Hamdaoui dibanderol dengan harga 550 Th. € atau setara Rp800 juta di transfermarkt.
  7. Hélder Postiga: Pemain 34 tahun ini adalah salah satu pemain penting di Timnas Portugal pada Piala Dunia 2006 dan 2010. Postiga yang saat ini membela Atlético de Kolkata di Liga India mencatatkan rekor yang lumayan baik di Timnas. Pernah berseliweran di klub elit Liga Spanyol, Inggris dan Yunani, Postiga disebut sebagai pemain yang konsisten. Di transfermarkt, postiga dibanderol dengan harga 500 Th. € atau setara Rp750 juta.

sumber : transfermarkt

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Penulis: Agusmanto