Timnas Indonesia U-16 Teruskan Rekor Kemenangan Laga Uji Coba

Timnas Indonesia U-16
Timnas Indonesia U-16 (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 meneruskan rekor kemenangannya dalam laga mereka yang kelima saat uji coba melawan vs Timnas Pelajar Kemenpora , Rabu (17/5) di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Dilansir dari laman resmi PSSI , pasukan Fakhri Husaini berhasil menang dengan skor telak 5-1. Gol-gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Rendy Juliansyah (2 gol), Amirudin Bagus (2 gol) dan Mochammad Yudha Febrian.

baca juga: Musim Depan, Quartararo Yakin Motornya Bakal Lebih Kompetitif

Selalu menang dalam lima kali pertandingan uji coba , Fakhri Husaini sekali lagi menegaskan kalau kemenangan bukanlah tujuan utamanya. Setiap uji coba , timnya selalu melawan pemain yang usianya dua sampai tiga tahun lebih tua.

"Ini merupakan uji coba kami yang kelima, saya memiliki 27 pemain, hasil akhir tidaklah begitu penting bagi kami dan bukan tujuan utama. Saya lebih memantau empat aspek yang sudah saya katakan sebelumnya (fisik, mental, teknik, dan taktik. Dari semua aspek itu, saya lihat mereka semua telah menguasai dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” buka Fakhri usai pertandingan.

baca juga: MotoGP 2020 Berakhir, Berikut 7 Catatan Menarik Tahun Penuh Kejutan Ini

"Dalam lima kali uji coba , lawan kami selalu selisih umurnya lebih dari dua hingga tiga tahun. Kami juga mendapatkan tekanan, dari semua tekanan itu kami mendapatkan pelajaran untuk evaluasi tim," lanjutnya.

Pelatih yang pernah melakukan gol melalui tendangan salto itu juga mengatakan mengenai calon lawan uji coba Internasional mereka, Filipina.

baca juga: Olahraga Berlebihan Ternyata Bisa Merusak Tubuh

“Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya kalau uji coba penting bagi kami, melawan Filipina, saya harapkan lawan membawa semua pemain naturalisasi mereka. Itu bagus buat kami, agar para pemain menyiapkan mental dan fisik mereka ketika nanti di AFF bertemu dengan Australia,” ungkap Fakhri.

Dirinya juga mengomentari para pemainnya yang merupakan calon pemain timnas Indonesia di masa depan. “Mereka pemain bagus, masa depan indonesia ada di tangan mereka, mereka cepat beradaptasi. Masih banyak kekurangan dalam tim. Ini masih uji coba , lebih untuk mengukur apa yang harus kami lakukan untuk memperbaiki kualitas tim. Tujuannya semua pemain bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” jelasnya.

baca juga: Pebalap Tuan Rumah Pegang Pole Positian di MotoGP Portugal

Pada kesempatan yang sama, Deputi Sekretaris Jenderal PSSI , Fanny Riawan dan Ketua Departemen Tim Nasional Indonesia, Gede Widiade menyempatkan diri sambangi para calon pemain masa depan Indonesia tersebut. Gede mengomentari kinerja para anak muda tersebut.

"Ini sebagai persiapan untuk laga sebenarnya yang harus mereka hadapi. Setiap pelatih pasti punya program dan rencana masing-masing, tapi yang perlu disadari, latih tanding lokal itu tidak mencerminkan pertandingan yang sesungguhnya," ujar Gede Widiade.

“Saya tidak ingin para pemain puas dengan semua kemenangan dalam lima laga uji coba yang sudah dijalani. Saya berharap tim asuhan coach Fakhri benar-benar siap untuk pertandingan sesungguhnya, yaitu di level internasional,” tandasnya.

Terdekat, Timnas U-16 berencana untuk mengadakan pemusatan latihan di Yogyakarta dengan agenda antara lain uji coba Internasional melawan Filipina tanggal 21 Mei 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Dilanjutkan dengan uji coba dengan klub PSS Sleman setelahnya.

Timnas U-16 ini dalam Piala AFF U-15 yang dilaksanakan tanggal 9 hingga 22 Juli 2017 tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura. Sedangkan di kualifikasi Piala Asia U-16 2017 berada di Grup G yang akan berlangsung 16-24 September 2017 mendatang. . (*)

Penulis: Eko Fajri