Kalahkan Persipura, Semen Padang FC Puncaki Klasemen

Riko 'Ucok' Simanjuntak saat melewati pemain belakang Persipura ketika mencetak gol satu-satunya pada laga Semen Padang FC vs Persipura.
Riko 'Ucok' Simanjuntak saat melewati pemain belakang Persipura ketika mencetak gol satu-satunya pada laga Semen Padang FC vs Persipura. (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Semen Padang FC berhasil memenangkan dan berada di puncak klasemen Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Haji Agus Salim Padang, Jumat 28 April 2017 malam. Tim Kabau Sirah berhasil menang tipis 1-0 dari tim Mutiara Hitam dari gol kreasi Riko Simanjuntak di babak kedua.

Sejak peluit babak pertama ditiup, Semen Padang FC sempat tertekan dari serangan yang dilancarkan oleh para pemain Persipura . Bahkan, pemain Kabau Sirah seperti kehilangan pola permainan di babak pertama. Terbukti, di babak pertama Persipura menguasai jalannya pertandingan.

baca juga: Semen Padang FC Kontrak 25 Pemain Untuk Perkuat Kabau Sirah di Liga 2

Di menit-menit akhir, Semen Padang FC yang terkurung sejak menit awal sempat memberikan serangan balik, tapi gagal di lini belakang Persipura . Hingga babak pertama berakhir, permainan masih bertahan dengan skor kacamata.

Babak kedua, Nil Maizar memainkan rotasi dengan menarik Kevin Ivander dan Samsul Bahri kemudian menggantinya dengan Rudi dan Riko Simanjuntak. Masuknya dua pemain tersebut langsung menambah daya juang dan daya serang para pemain Kabau Sirah.

baca juga: Daftar Pemain Semen Padang FC Bocor di Medsos, Ini Kata Manajer SPFC

Semen Padang FC mulai comeback dengan menguasai pertandingan. Berkali-kali serangan yang dibangun oleh Riko Simanjuntak dari sisi sayap kanan merepotkan lini pertahanan Persipura . Serangan lebih kuat saat Irsyad Maulana dimasukkan mengganti Adi Nugroho.

Gol semata wayang dalam pertandingan ini pun tercipta di menit ke-60. Bola serangan cepat dari umpan plesing Didier Zokora diterima dengan baik oleh Vendry Mofu. Dengan sedikit gerakan, Mofu mengarahkan bola lurus ke Riko Simanjuntak.

baca juga: Semen Padang FC Rekrut Eks Penyerang Bali United

Dengan sedikit gerakan solo run, Riko melewati dua pemain belakang Persipura dan menggiring hingga ke depan gawang Yoo Jaehon. Bola pun ditendang kearah kiri gawang yang tidak mampu ditepis oleh Jaehon. Bola sepakan tersebut berjalan mulus dan menjadi gol. 1-0 untuk Semen Padang FC.

Di akhir babak kedua, Persipura yang ingin mengejar ketertinggalan kembali melakukan serangan cepat. Pertahanan Semen Padang FC kembali dikurung oleh para penyerang Persipura . Tapi, kepiawaan Jandia Eka Putra dibawah mistar gawang masih mampu meredam.

baca juga: Dukung Pasar Murah Disperindag Sumbar, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Sembako Gratis

Dengan kemenangan tersebut, Semen Padang FC saat ini berada di pemuncak klasemen dengan torehan 7 poin dari sekali seri dan dua kemenangan. (*)

Penulis: Agusmanto