Semen Padang U-15 dan U-17 Akan Jadi Cikal Akademi Semen Padang

Semen Padang FC
Semen Padang FC (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelatih U-15 Semen Padang FC Herman Pulalo mengatakan, Semen Padang U-15 yang dipersiapkan untuk Piala Panglima TNI akan menjadi cikal pembentukan akademi.

"Tim ini awalnya dipersiapkan untuk Piala Panglima TNI. Tapi tidak tertutup kemungkinan setelah iven terdekat, tim jadi Akademi Semen Padang sesuai rencana manajemen. Termasuk tim U-17," kata Herman Pulalo saat dihubungi KLIKPOSITIF , Kamis 27 April 2017.

baca juga: Peringati HUT ke-111 Pendirian Pabrik, Semen Padang Gelar Lomba Konten Foto dan Video

Namun, kata Herman Pulalo, pemain yang terjaring di U-15 dan U-17, tidak dijamin dipertahankan jika belum menunjukkan peningkatan. Jajaran pelatih menerapkan sistem buka tutup

"Ada yang masuk dan ada yang keluar. Artinya, akan selalu ada pencoretan sesuai kebutuhan tim," ujarnya.

baca juga: Menpora Singgung Pola Pembinaan Atlet, Ada Apa?

Herman menambahkan, pembentukan Akademi Semen Padang sejalan dengan keinginan Manajemen Semen Padang menjadi Player Agency .

Sebelumnya, Direktur Teknik Semen Padang FC, Iskandar Zulkarnain Lubis kepada KLIKPOSITIF pernah mengungkapkan keinginan menjadi Player Agency untuk memaksimalkan potensi pemain muda Sumbar. 

baca juga: Webinar Klaster Keluarga Covid-19, Dirut Semen Padang Ajak Insan Perusahaan untuk Ingatkan Keluarga

"Kami melihat banyak pemain muda yang berbakat di Semen Padang FC ini. Makanya, lebih baik mereka dimasukkan ke dalam agency dan bisa menambah jam terbang mereka dalam bermain bola profesional," tutur Iskandar.

Disebutnya, Player Agency yang akan dibentuk PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) memprioritaskan potensi para pemain muda. Nantinya, para pemain ini akan digembleng di Semen Padang , kemudian mereka akan dipinjamkan ke klub profesional lainnya yang sudah melakukan koordinasi.

baca juga: Semen Padang Umumkan Pemenang SPIE 2019-2020; Analisa Benefit Mencapai Rp46,1 Miliar

"Dengan menjadi Player Agency , Semen Padang FC juga tidak akan kekurangan talenta muda untuk sepakbola nantinya," katanya saat itu.

Penulis: Rezka Delpiera