Resmi: Liga 1 Hanya Boleh Pakai Jasa Satu Marquee Player

Pemain marquee player Persib Bandug, Michael Essien
Pemain marquee player Persib Bandug, Michael Essien (http://www.pikiran-rakyat.com)

KLIKPOSITIF -- PT Liga Indonesia Baru (PT. LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 menegaskan bahwa setiap klub peserta hanya diperbolehkan merekrut satu Marquee Player. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Operasional PT LIB, Tigor Salamboboy.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan, setiap klub peserta Liga 1 boleh mendatangkan lebih dari satu Marquee Player, asalkan pemain berlabel bintang tersebut memenuhi syarat.

baca juga: Liga 1, 2 dan 3 Akan Dimulai Awal 2021?

Syarat Marquee Player yang ditetapkan PSSI adalah pernah bermain di Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir yaitu Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014. Selain itu, pernah bermain di kompetisi elit Eropa dan usia tidak lebih dari 35 tahun.

Namun, PT LIB memastikan bahwa regulasi untuk pemain asing di Liga 1 musim 2017 adalah 2+1+1. Dimana, klub peserta hanya diperbolehkan mendatangkan dua pemain asing bebas, satu Asia ditambah satu Marquee Player.

baca juga: Kompetisi di Tengah Pandemi, PSSI Buat Buku Panduan

"Kita kemarin sudah meeting dan sudah disepakati bahwa kita akan pakai aturan 2+1+1. Jadi jelas setiap klub tidak bisa merekrut lebih dari satu Marquee Player," ujar Tigor seperti dikutip dari bola.net.

Sejauh ini, baru ada dua klub peserta Liga 1 yang merekrut Marquee Player. Yaitu Persib Bandung yang berhasil mendatangkan dua pemain marquee player yakni, Michael Essien dan Carlton Cole serta Madura United FC yang berhasil mendatangkan Peter Odemwingie. (*)

baca juga: Shin Tae Yong: Saya Membutuhkan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Penulis: Agusmanto