Jelang Liga 1, Semen Padang FC juga Siapkan Marquee Player?

Ko Jae Sung, pemain asal Korea Selatan yang dalam waktu dekat resmi berseragam Semen Padang FC.
Ko Jae Sung, pemain asal Korea Selatan yang dalam waktu dekat resmi berseragam Semen Padang FC. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Setelah Michael Essien, eks pemain Chelsea resmi berseragam Persib Bandung, sejumlah tim yang akan berlaga di Liga 1 pada 15 April 2017 mendatang juga tidak mau ketinggalan. Regulasi 2+1 yang hampir rampung diputuskan untuk Liga 1 membuat tim-tim elit di Indonesia juga menginginkan jasa marquee player.

Marquee player sendiri berarti pemain bintang atau kelas dunia yang didatangkan dengan gaji di atas rata-rata, biasanya dibiayai oleh sponsor. Mungkin penikmat liga sebelumnya sudah paham bagaimana Bandung FC di IPL lalu sudah diwarnai mantan pemain Aston Villa, Lee Hendrie. Kali ini, Persib juga melakukan hal tersebut dengan mendatangkan Michael Essien.

baca juga: PS Sleman Mulai Pembangunan Training Center

Sistem marquee player ini sendiri sudah akrab diterapkan di A League Australia dan MLS Amerika Serikat dan bertujuan untuk mengangkat value dari kompetisi maupun klub. Setidaknya, sudah ada sejumlah nama pesebakbola beken dunia yang mengecap kompetisi di Indonesia ini sebagai marquee player, seperti Mario Kempes, Roger Milla dan lainnya.

Begitu juga halnya dengan Semen Padang FC. Manajemen tim Kabau Sirah juga tengah melakukan persiapan jelang digelarnya Liga 1 , termasuk pembahasan tentang memakai jasa marquee player. Hingga saat ini, Semen Padang FC masih mengurus periZinan rekrutan teranyar mereka asal Korea Selatan yakni, Ko Jae Sung.

baca juga: Mochamad Iriawan: Izin Kompetisi Sudah Didapat, Tinggal Diumumkan Polri

"Untuk Jae Sung, kami sudah menerima release letter dari klub lama Ko Jae Sung. Secepatnya, pemain ini akan merapat ke Padang. Mudah-mudahan minggu depan dia sudah datang," ucap Direktur Teknik Semen Padang FC, Iskandar Zulkarnain Lubis kepada KLIKPOSITIF .

Saat ini, manajemen semua klub juga sedang melakukan rapat dengan PSSI di Jakarta guna membahas tentang penggunaan jasa marquee player di Liga 1 . "Semua manajemen klub saat ini sedang rapat dengan PSSI untuk membahas hal tersebut. Kita tunggu saja nanti hasilnya bagaimana," tutup Iskandar. (*)

baca juga: Liga 1 2021/2022 Tanpa Degradasi, Igor Kriushenko: Tidak Menarik

Penulis: Agusmanto