Drama Hujan Kartu Fiorentina Vs Napoli di Copa Italia, La Viola Melangkah ke Perempat Final

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Fiorentina akan menghadapi Atalanta di perempat final Coppa Italia setelah kemenangan dramatis 5-2 atas Napoli di perpanjangan waktu, pertandingan dengan tiga kartu merah, tujuh gol dan Krzysztof Piatek mencetak gol pada debutnya.

Partenopei kehilangan Lorenzo Insigne, Piotr Zielinski, Victor Osimhen, Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Andre Frank Zambo Anguissa dan Adam Ounas, jadi Axel Tuanzebe dimasukkan ke dalam starting XI untuk debut penuhnya setelah tiba dengan status pinjaman dari Manchester United. Viola segar dari kekalahan mengejutkan 4-0 Serie A dari Torino, dengan Lucas Martinez-Quarta dan Sofian Amrabat tidak tersedia, tetapi Bartlomiej Dragoski dan Matija Nastasic kembali dari cedera panjang.

baca juga: Berapa Harga Tiket Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022?

David Ospina melakukan penyelamatan pertama pada tendangan melengkung Dusan Vlahovic setelah 12 menit, sementara Matteo Politano gagal memanfaatkan kesalahan penjaga gawang dan sundulan Nikola Milenkovic membentur mistar gawang di sudut.

Eljif Elmas menyengat sarung tangan Dragowski di tiang dekat dan Politano melepaskan tembakan melebar, tetapi Fiorentina memimpin sebelum turun minum.

baca juga: George Russell Aset Besar F1, Tandem Hamilton Musim 2022

Riccardo Saponara lolos dari sisi kiri dan berguling untuk Vlahovic, yang membuat Tuanzebe terdampar dengan pukulan untuk mengebor rumah dengan kaki kirinya dari jarak delapan yard.

Namun, beberapa saat kemudian, satu lagi sapuan Dragowski yang buruk berhasil dicegat dan Dries Mertens segera melepaskan tendangan melengkung dari kaki kanan yang dikendalikan dari jarak jauh ke sudut jauh atas yang tidak dapat ditepis dengan lebih manis.

baca juga: Pebulutangkis Peringkat 7 Dunia Mundur dari Timnas Malaysia

Dragowski menyelesaikan comeback mimpi buruk mutlaknya setelah tiga bulan absen ketika dia ditangkap jauh di luar area penaltinya dengan sundulan belakang Lorenzo Venuti, benar-benar terdampar dan Eljif Elmas diperiksa tubuh untuk kartu merah langsung.

Alex Meret masuk menggantikan Ospina yang cedera, dengan Mertens memberi umpan kepada Petagna untuk melebar, kemudian Pietro Terracciano menggagalkan upaya Diego Demme dengan umpan silang Faouzi Ghoulam.

baca juga: Kontrak dengan MU Habis Akhir Musim, Pogba Dikabarkan Pilih Klub Ini

Namun, 10 pemain Fiorentina mengembalikan keunggulan mereka ketika tendangan bebas Cristiano Biraghi membentur dinding, kembali kepadanya untuk tendangan melengkung kaki kiri di bagian dalam tiang jauh atas.

Bahkan bisa saja 3-1, Nico Gonzalez menggelembung ke langit ketika relatif tidak dijaga dari jarak 12 yard. Krzysztof Piatek melakukan debutnya di Viola, tetapi Chucky Lozano hampir menyamakan kedudukan dengan upaya solonya yang dapat digagalkan oleh tiang.

Beberapa saat kemudian, Lozano mendapat kartu merah karena tekel yang sangat tinggi dan ceroboh yang mendarat di pergelangan kaki Gonzalez. Awalnya kartu kuning, tetapi wasit beralih ke kartu merah setelah peninjauan VAR di lapangan, mengurangi kedua tim menjadi 10 orang.

Itu masih belum berakhir, setelah upaya Petagna dibelokkan, Fiorentina melakukan serangan balik dan Fabian Ruiz menerima kartu kuning kedua karena menjatuhkan Lucas Torreira. Viola marah, karena Jonathan Ikone mencetak gol dan wasit menghentikan permainan untuk mendapatkan kartu itu.

Hebatnya, sembilan pemain Napoli kemudian menyamakan kedudukan ketika umpan silang Kevin Malcuit dari kanan melewati semua orang untuk disapu Petagna dari jarak tujuh yard, memaksa perpanjangan waktu.

Meret melakukan penyelamatan ganda pada Youssuf Maleh dan Biraghi, sementara seruan penalti di sela untuk mendorong Jack Bonaventura ditepis.

Fiorentina mengembalikan keunggulan mereka ketika umpan silang Maleh dari kiri menemukan Venuti tidak dijaga di tiang belakang untuk tendangan voli empuk dari bagian dalam sepatu bot kanan, menebus kesalahannya sebelumnya yang membuat Dragowski diusir.

Venuti juga menambahkan satu assist, karena ia menyerang dari sisi kanan dan berguling ke depan untuk ditepis Piatek dari jarak enam yard dalam debutnya di Fiorentina , lengkap dengan selebrasi khas Pistolero.

Napoli tampak menyerah pada titik ini dan kebobolan kelima di saat-saat terakhir dengan Maleh.

Editor: Eko Fajri