Kalah Kelas, Timnas Indonesia Dibantai Timnas Thailand Empat Gol Tanpa Balas

Timnas Indonesia vs Timnas Thailand
Timnas Indonesia vs Timnas Thailand (PSSI)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Thailand setelah kalah 0-4 pada final piala AFF 2020 leg 1, Rabu 29 Desember 2021. Gol Timnas Thailand diciptakan oleh Chanatip Songkrasin pada menit ke-2 dan menit ke-52, Supachok Sarachat pada menit ke-67, serta Bordin Phala pada menit ke-83.

Ketika mulai kick off babak pertama, Timnas Thailand langsung menusuk pertahanan Indonesia dengan serangan cepatnya.

baca juga: Kalah dari Guinea, Aljazair Gagal Patahkan Rekor Tak Terkalahkan Italia

Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata terpaksa memungut bola dalam gawang lebih awal, setelah tendangan keras kaki kiri Chanatip pada menit ke-2 tak bisa dibendungnya dan membuat Timnas Indonesia tertinggal 0-1.

Unggul satu gol tidak membuat Thailand mengendorkan serangan. Pemain Thailand terus menggempur pertahanan Indonesia dengan membabi buta.

baca juga: Diduga Bikin Shin Tae-yong Tersinggung, Netizen Hujat Haruna Soemitro dan Gaungkan Tagar HarunaOut

Sebenarnya Timnas Indonesia juga beberapa kali mencoba membangun serangan. Namun presing cepat yang dilakukan Thailand, serta kekokohan pertahanan Thailand membuat serangan Indonesia selalu dikandaskan Thailand.

Pada menit ke-40, Timnas Indonesia memiliki peluang emas, setelah umpan Witan Sulaeman berhasil dijangkau Dewangga di kotak penalti. Namun sayang, tendangan Dewangga melambung ke atas gawang, sehingga Indonesia gagal menyamakan kedudukan.

baca juga: Thailand Utus Timnas U-19 di Piala AFF U-23, Bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Pada babak kedua, Timnas Indonesia melakukan rotasi pemain. Tiga pemain sekaligus diganti, yakni Fachruddin diganti dengan Elkan Baggott, Irianto diganti dengan Kadek, dan Edo diganti Evan Dimas.

Namun petaka kembali menimpa Indonesia setelah Chanatip mencetak brace pada menit ke-52. Tendangan keras Chanatip tak mampu dihadang Nadeo dan membuat skor berubah 0-2.

baca juga: Populeritas Pratama Arhan Meroket, Catat Rekor Pemain Timnas Indonesia dengan Followers Tertinggi

Pada menit ke-61 Timnas Indonesia kembali mendapat peluang emas. Umpan terobosan Ricky Kambuaya berhasil dijangkau Irfan Jaya. Namun tendangan Irfan Jaya juga berhasil dihadang oleh kiper Thailand.

Alih-alih ingin memperkecil ketinggalan, Timnas Indonesia malah kembali kebobolan pada menit ke-67. Kali ini gol Timnas Thailand dicetak oleh Supachok Sarachat dari jarak jauh. Skor kembali berubah menjadi 0-3.

Thailand menambah gol pada menit ke-83 melalui Bordin Phala. Skor menjadi 0-4. Skor itu bertahan hingga wasit meniup peluit panjang

Editor: Haswandi