Dramatis, Indonesia Akhirnya Melaju ke Final Piala AFF 2020

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Leg ke 2 semifinal piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura di National Stadium, Kallang, Singapura, Sabtu (25/12/2021) berlangsung menegangkan, dengan penentu kemenangan harus ditentukan hingga babak tambahan waktu 2x15 menit.

Kemenangan akhirnya diraih Indonesia dengan skor 4-2, sekaligus menentukan langkah tim garuda ke babak final kejuaraan tersebut.

baca juga: Berapa Harga Tiket Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022?

pada babak pertama skor antara kedua tim adalah 1-1, di mana gol Ezra Walian di menit ke 7 dibalas Song Uiyoung di penghujung babak pertama.

Di penghujung babak pertama, Singapura harus kehilangan Safuwan Baharudin, karena terkena kartu kuning keduanya. Ia diusir karena terlibat insiden dengan Asnawi, saat berusaha menyambut sepakan bebas.

baca juga: George Russell Aset Besar F1, Tandem Hamilton Musim 2022

Memasuki babak ke 2, Indonesia melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Hanis Saghara menggantikan Ezra Walian, pada menit 54, kemudian pada menit 66, dengan melakukan 3 pergantian, yakni Rizky Ridho diganti Elkan Baggott, Ramai Rumakiek diganti Irfan Jaya, dan Ricky Kambuaya diganti Egy.

Setelah pergantian pemaian tersebut Irfan Fandi pemain belakang dari Singapura diganjar kartu merah oleh wasit pada menit 67, setalah melanggar pemain Indonesia.

baca juga: Pebulutangkis Peringkat 7 Dunia Mundur dari Timnas Malaysia

Sayang keunggulan pemain 11 lawan 9 tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh timnas Indonesia, sebab pada menit ke 74, Singapura melalui Shahdan Sulaiman malah yang mencetak gol ke gawang Indonesia, sehingga kedudukan berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Singapura.

Beruntung pada menit ke 87, Pratama Arhan berhasil memecah kebuntuan dan menyelamatkan Indonesia dengan skor 2-2 yang bertahan hingga perpanjangan waktu 5 menit di babak ke 2.

baca juga: Kontrak dengan MU Habis Akhir Musim, Pogba Dikabarkan Pilih Klub Ini

Perpanjangan Waktu 2x15 menit

Di awal babak tambahan, Indonesia berhasil menambah keunggulan pada menit ke-91. Egy menusuk ke dalam kotak penalti, lalu sepakannya kena Shawal Anuar dan masuk ke gawangnya Singapura.

Pada menit ke 105 Egy kemudian mencatatkan namanya untuk menambah keunggulan Indonesia menjadi 4-2.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Ezra Walian

Singapura: Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Song Uiyoung, Hami Syahin, Hafiz Nor

Editor: Eko Fajri