Maju Jadi Calon Ketum PSSI, Sarman El-Hakim Janjikan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia

"aktivis sepakbola Indonesia itu mengaku akan terus memperjuangkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 mendatang"
Sarman tengah berdiskusi tentang arah sepakbola Indonesia ke depan di Bali. (KLIKPOSITIF/Bobby Andalan)

BALI, KLIKPOSITIF -- Ketua Umum ‎Masyarakat Sepakbola Indonesia (MSBI), Sarman El-Hakim mendeklarasikan diri maju sebagai kandidat Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar 17 Oktober 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam paparannya, aktivis sepakbola Indonesia itu mengaku akan terus memperjuangkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 mendatang. Sarman selama ini memang getol mengampanyekan, termasuk melakukan lobi diplomatik ke beberapa negara untuk mendukung Indonesia sebagai tuan rumah hajatan akbar sepakbola dunia tersebut.

‎Menurut Sarman, FIFA pada tahun 2010 sempat menominasikan Indonesia sebagai wakil Asia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. "Saat itu Indonesia berada di urutan pertama dengan meraih 4 suara, Korea 3 Suara, Qatar tidak mendapat suara," kata Sarman di Kedai 28 Jalan Nusa Kambangan No.177 Denpasar, Sabtu 9 Oktober 2016.

Pada acara deklarasi yang mengambil tema "Sepakbola untuk Merdeka, Revolusi PSSI Alatnya" itu Sarman melanjutkan, sayangnya pemerintah tidak percaya diri mengambil kesempatan emas tersebut. Menurut dia, FIFA tak cuma-cuma memberikan kesempatan kepada suatu negara untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia.

Hingga kini, banyak negara dengan infrastruktur yang kuat dan prestasi sepakbolanya unggul, namun belum pernah ditunjuk oleh FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia. "Belanda contohnya. Kurang apa negara tersebut? Tapi sampai sekarang sekalipun belum pernah Belanda menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kita (Indonesia) dinominasikan, tetapi pemerintahnya tidak percaya diri. Dianggap mimpi yang terlalu tinggi," ucapnya.

Jika terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Sarman berjanji akan melobi Presiden Joko Widodo dan FIFA agar Indonesia benar-benar merasakan ‎euforia tuan rumah ajang bergengsi sejagat tersebut. "Kita akan perjuangkan itu. Sama seperti negara lain yang optimis ketika ... Baca halaman selanjutnya