Kompetisi Minangkabau Cup 2020 Resmi Diluncurkan

Launching Minangkabau Cup III di Hotel Pangeran Beach Padang
Launching Minangkabau Cup III di Hotel Pangeran Beach Padang (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Minangkabau Cup edisi ketiga dipastikan akan bergulir pada pertengahan Maret 2020 ini. Peluncuran secara resmi Minangkabau Cup (MkC) III-2020 di Batuah Room, Pengeran Beach Hotel, Rabu, (11/3/2020).

Sebelumnya, Panitia pelaksana (Panpel) Yayasan Sepakbola Bangkik Rang Mudo berkolaborasi dengan Asprov PSSI Sumbar lebih dulu mengadakan 'Meeting Coordination' di Bunda Hotel pada pukul 08.00 WIB sampai selesai.

baca juga: Lakoni Dua Laga Tandang, Semen Padang FC Boyong 18 Pemain

Kepastian digelarnya MkC III-2020 juga merupakan aplikasi dari kesepakatan bersama dengan Asprov dan Askab/Askot se-Sumatera Barat saat 'Meeting Coordination' pertama tahun lalu, tepatnya Jum'at (13/12/2019) lalu di Resto Suaso, Komplek GOR H. Agus Salim, Padang.

" Minangkabau Cup ketiga pada tahun ini adalah jawaban kami untuk menjaga komitmen mewadahi ajang yang kompetitif bagi pesepakbola-pesepakbola usia muda di seluruh pelosok Sumatera Barat," kata Ketua Umum Panpel Minangkabau Cup

baca juga: Semen Padang FC Tunjuk 3 Kapten Tim, Nur Iskandar Kapten Utama

Tria 'Ola' Suprajeni.

Di akhir meeting coordination, semua perwakilan Askab/Askot mendeklarasikan dukungan kepada panpel untuk menggelar turnamen kolosal dan terbesar di tanah air, di tahun keempat (2020).

baca juga: Daftar Lengkap Nomor Punggung Pemain Semen Padang FC di Liga 2

"Kami memang sempat berada di persimpangan jalan, berhenti atau lanjut. Namun besarnya dukungan dari berbagai penjuru negeri yang disampaikan lewat jajak pendapat di Instagram resmi MkC di bulan November 2019 silam, membuat kami terenyuh. Kami sepakati tetap lanjutkan demi pesepakbola-pesepakbola usia muda yang tersebar di 179 kecamatan di Sumatera Barat," lanjut Ola.

Di persimpangan jalannya turnamen yang diganjar sertifikat rekor jumlah orang yang terlibat oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) mencuat setelah gagalnya misi tiga edisi sebelumnya yang bertujuan melahirkan pemain-pemain untuk tim sepakbola Pra PON Sumbar yang punya target lolos ke PON Papua 2020.

baca juga: Gagal ke PON Papua, Gubernur Sumbar Berharap Minangkabau Cup Lahirkan Pemain Bertalenta

Harapan mulia menemui kenyataan. Tim Sumbar gagal merebut tiket ke PON Papua 2020. Di ajang prakualifikasi yakni Porwil X Sumatera 2019 di Bengkulu, Sumbar terhenti di play off melawan Sumut.

Patah arang, campur aduk dibenak sosok-sosok di balik layar turnamen. Tapi ada tugas mulia nan mesti terus kedepan. MkC telah menghidupkan seluruh sendi-sendi kehidupan sepakbola ranah minang. Adalah jalan bagi pesepakbola muda yang selama ini minim kesempatan untuk menemui jalan prestasi ke level lebih tinggi.

Serupa Ronaldo Eko Julianto (Koto Tangah/Kalteng Putera FC), Ulul Azmi (Bayang/Borneo FC), Genta Alparedo (Kuranji/SPFC), Yoga Noviandre (Nanggalo/SPFC), Dadang Tri Sismon (Tanjung Emas/Tiga Naga FC). Diantara pemain-pemain kecamatan yang saat ini beredar di kompetisi sepakbola profesional Indonesia.

Mereka mencicipi MkC dan menemukan pintu karir masing-masing. Setidaknya MkC turut serta memberikan ruang seluas-luasnya, kemudian dilirik klub-klub kontestan kompetisi resmi PSSI, Liga 2 dan Liga 1.

Panpel bersemangat lagi. Tagar #BangkikRangMudo berdenging keras. Untuk ke-empat kalinya turnamen ini segera meriuhkan lagi lapangan-lapangan sepakbola seantero kampung mulai medio Maret ini. Mewarnai musim 2020.(rilis)

Editor: Muhammad Haikal