Jalani TC di Yogyakarta, Bima Sakti Ungkap Perkembangan Timnas U16

Bima Sakti, Pelatih Timnas U16
Bima Sakti, Pelatih Timnas U16 (Ade Suhendra)

SLEMAN, KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia U16 kembali jalani pemusatan latihan di tempat baru yaitu di Yogyakarta sejak Senin 17 Februari 2020. Sebelumnya, anak asuh Bima Sakti ini telah menjalani latihan di Bogor, Bekasi, dan Sidoarjo.

Bima Sakti saat ditemui usai latihan pagi di Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta mengatakan ia telah berada di Yogyakarta selama tiga hari dan menjalani tiga kali latihan. Sejauh ini dijelaskannya, tim cukup mengalami perkembangan yang signifikan.

"Saat ini pemahamanan taktik secara individu, grup, positioning sebagai pemain belakang, tengah, dan depan yang dilakukan cukup baik oleh pemain. Kemudian tim juga sudah banyak progresnya," kata Bima Sakti yang pernah menjadi pemain terbaik Liga Indonesia saat berseragam PSM Makassar tahun 1999-2000.

Baca Juga

Ia menjelaskan jumlah pemain yang dibawanya ke Yogyakarta sebanyak 25 pemain. Menurutnya ada beberapa pemain yang menjalani trial dan sebagai pelatih ia memberikan kesempatan kepada pemain tersebut memperlihatkan kemampuannya.

"Kami memberikan kesempatan untuk seleksi kepada beberapa pemain sehingga dalam latihan tadi kami berikan internal game. Tujuannya adalah untuk melihat kemampuan, teknik skill, pemahaman taktik bagaimana bertahan, menyerang, transisi, kemudian chemistry dengan yang lain," ujar pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 silam tersebut.

Menurutnya kesempatan cukup terbuka lebar bagi pemain mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U16 saat ini. Namun meskipun demikian, ia menambahkan potensi adanya degradasi atau keluar masuk pemain masih tetap ada sepanjang kebutuhan tim.

"Untuk pemain yang trial saya lihat tadi penampilannya cukup bagus dan punya prosespek. Tinggal masalah mental dan fisik yang harus beradaptasi lagi dengan pemain yang lebih dulu kumpul dan kalau bisa cepat in. Sebab kalau tidak prospek maka akan diganti," katanya.

Lebih lanjut lagi, Bima mengatakan untuk pemain yang baru adalah kelahiran 2004 September ke atas. Sebab nantinya dikatakannya akan diproyeksikan untuk mengikuti ajang Piala Asia dan kalau hanya AFF, kelahiran 2004 Januari juga bisa.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri