Aji Santoso Puas Persebaya Kalahkan Sabah FA

Makan Konate (kiri), Mahmoud Eid (tengah) selebrasi saat David Aparecido da Silva (kanan)usai cetak gol saat melawan Sabah FA.
Makan Konate (kiri), Mahmoud Eid (tengah) selebrasi saat David Aparecido da Silva (kanan)usai cetak gol saat melawan Sabah FA. (Galeri Persebaya)

SURABAYA, KLIKPOSITIF - Persebaya Surabaya sukses lakoni International Friendly Match melawan tim asal Negeri Jiran Malaysia, Sabah FA dengan kemenangan meyakinkan, Sabtu 8 Februari 2020 malam. Skor 3-1 menjadi akhir pertandingan yang disaksikan ribuan Bonek dan Bonita di Stadion Gelora Bung Tomo.

Mengomentari performa anak asuhnya, Aji Santoso mengaku puas dengan hasil tersebut. Dua gol kemenangan Persebaya disumbangkan oleh pemain asingnya, David Aparecido da Silva dan satu gol dari Irfan Jaya.

"Semalam adalah laga yang sangat menarik dan Sabah juga mampu menampilkan permainan yang bagus. Alhamdulillah, kami juga bermain cukup bagus dan paling tidak kemenangan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri tim serta saya juga bisa tahu sampai di mana perkembangan tim untuk menghadapi kompetisi nanti," kata Aji Santoso lewat siaran persnya, Minggu 9 Februari 2020.

Baca Juga

Ia menilai tim asuhannya mulai terlihat padu dan kompak, terutama dalam mengorganisir skema yang diinginkannya. Meskipun sempat absen tiga hari karena ke Jakarta menghadiri acara PSSI, Rendi Irwan dkk sudah menjalankan skema yang didapat sewaktu latihan dengan sangat baik yaitu memulai serangan dari bawah.

"Selama absen melatih, saya hanya memberikan program latihan kepada asisten pelatih. Bersyukur semuanya berjalan dengan baik karena kami minta kepada pemain untuk menerapkan yang didapat dalam latihan dan dari aspek permainan mereka sudah menjalankan dengan bagus," kata pelatih berusia 50 pada 6 April 2020 mendatang tersebut.

Melihat performa pemain, ia juga memuji beberapa nama yang notabenenya adalah pemain baru seperti kiper Rivky Deython Mokodompit, Arif Satria, Makan Konate, dan Mahmoud Eid. Kemudian di pertengahan babak kedua giliran Patrich Steve Wanggai, Bayu Nugroho dan Ricky Kambuaya yang diturunkan untuk melihat performanya.

"Skuat ini cukup memiliki prospek dan punya harapan dengan beberapa pemain baru. Mahmoud, Ricky juga bagus dalam penampilan dan bahkan Konate bermain luar biasa meskipun kondisinya belum 100 persen dan itu wajar," ujar mantan pelatih timnas Indonesia U-23 ini.

Namun ia mengaku tetap akan memberikan evaluasi sebelum terjun ke turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 dan Liga 1 . Hal yang menjadi sorotannya adalah proses kebobolannya Persebaya di menit-menit awal.

"Tentu masih banyak perbaikan yang akan kami lakukan bersama tim pelatih. Terutama gol yang terjadi di menit awal karena laga yang masih belum terlalu lama kami sudah ketinggalan lebih dulu dan ini jadi perhatian saya," katanya.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera