8 Klub Pastikan Lolos ke 16 Besar Liga Champions, Siapa Bakal Tersisih?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Matchday kelima Liga Champions sudah berakhir, di mana 32 tim dari delapan grup kini hanya menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup. Sejauh ini sudah ada delapan klub yang memastikan diri bakal bersaing di 16 besar Liga Champions.

Dari Grup A Liga Champions, Paris Saint-Germain dan Real Madrid sudah bisa memastikan diri lolos ke 16 besar Liga Champions. Paris Saint-Germain bahkan sudah memastikan diri lolos ke fase knockout itu sejak menang 1-0 atas Club Brugge pada matchday keempat.

Sementara Real Madrid berhasil memastikan diri lolos ke 16 besar Liga Champions setelah Galatasaray dan Club Brugge bermain imbang 1-1 di matchday kelima Liga Champions. Akhirnya dengan hanya meraih satu poin kala menghadapi PSG, Los Blancos sudah memiliki poin yang cukup dan tak terkejar lagi untuk melangkah ke fase berikutnya.

Baca Juga

Sementara itu dari Grup B, Bayern Munchen dan Tottenham Hotspur juga memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions. Seperti halnya PSG, Bayern Munchen sudah memastikan tiket tersebut menjadi milik mereka sejak matchday keempat, di mana Bayer menang 2-0 atas Olympiakos.

Tottenham Hotspur menyegel satu tiket lagi dari Grup B berkat kemenangan 4-2 atas Olympiakos pada matchday kelima. Dengan begitu, hanya Grup A dan Grup B yang sudah memastikan dua tim di masing-masing grup yang melangkah ke babak selanjutnya di Liga Champions.

Dari Grup C, Manchester City memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions meski harus bermain imbang 1-1 dengan Shakhtar Donetsk pada matchday kelima. Namun, hasil imbang itu justru membuat Shakhtar masih harus berebut posisi kedua dengan Dinamo Zagreb dan Atalanta yang akan ditentukan saat matchday terakhir.

Sementara dari Grup D, Juventus memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions berkat kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid pada matchday kelima. Gol tunggal nan cantik dari Paulo Dybala berhasil mengantar Bianconeri untuk menyegel satu tiket dari Grup D.

Sementara itu, Atletico Madrid yang kalah di Allianz Stadium masih harus berebut satu tiket lain dengan Bayer Leverkusen. Kemenangan 2-0 yang diraih Bayer atas Lokomotiv Moscow membuat persaingan memperebutkan satu tiket tersisa akan menarik.

Lompat ke Grup F, Barcelona memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions setelah menang 3-1 atas Borussia Dortmund dalam matchday kelima yang digelar di Camp Nou. Hasil ini membuat Dortmund harus bekerja keras lagi karena Inter Milan membuka peluang untuk lolos lewat kemenangan 3-1 atas Slavia Praha.

Sementara tim terakhir yang sudah memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions datang dari Grup G, yaitu RB Leipzig. Tim asal Jerman itu memastikan diri meraih tiket ke fase berikutnya meski hanya bermain imbang 2-2 dengan Benfica di matchday kelima.

Hasil tersebut cukup untuk membuat Leipzig meraih tiket ke 16 besar meski Zenit Saint Petersburg ataupun Lyon masih bisa menyamai poin mereka di laga terakhir yang akan digelar pada Desember mendatang.

Dengan demikian masih akan ada delapan tiket lagi yang akan diperebutkan untuk membuat kontestan di 16 besar Liga Champions lengkap. Satu tiket dari masing-masing Grup C, D, F, dan G akan diperebutkan di laga terakhir.

Sementara dari Grup E dan H, persaingan untuk mendapatkan masing-masing dua tiket ke 16 besar Liga Champions dijamin bakal menarik di matchday terakhir yang digelar pada 10 dan 11 Desember 2019.

Delapan tiket 16 besar Liga Champions masih harus dipastikan melalui matchday keenam Liga Champions pada 10 dan 11 Desember 2019. Dalam pekan terakhir fase grup Liga Champions itu, akan ditentukan delapan dari total 15 klub yang hingga saat ini punya peluang untuk melangkah ke fase selanjutnya.

Empat tiket akan diperebutkan oleh enam klub di Grup E dan H. Persaingan yang terjadi dalam dua grup tersebut memang menarik dan memaksa tim-tim yang ada di dalamnya untuk bersaing hingga menit terakhir fase grup.

Dari Grup E ada Liverpool, Napoli, dan Red Bull Salzburg yang masih punya peluang untuk lolos. Liverpool berada di puncak klasemen dengan 10 poin, unggul hanya satu poin dari Napoli di posisi kedua. Sementara Salzburg berada di peringkat ketiga dengan tujuh poin.

Kondisi tersebut tak membuat Liverpool aman karena harus menghadapi Salzburg di pertandingan terakhir. Kemenangan dua gol atau lebih oleh Salzburg kala menghadapi Liverpool bisa menggagalkan The Reds melangkah ke 16 besar karena head to head sejauh ini, Liverpool hanya unggul satu gol dari Salzburg yang diambil dari kemenangan 4-3 di Anfield pada matchday kedua.

Apalagi kalau di pertandingan lain, Napoli mampu meraih kemenangan atas Genk. Otomatis Liverpool bisa tersingkir. Hanya kemenangan atas Salzburg atau menggantungkan diri kepada laga antara Napoli dan Genk yang bisa menyelamatkan Liverpool ke 16 besar Liga Champions.

Kondisi ini yang memastikan Liverpool dan Salzburg akan mati-matian ketika harus berhadapan di pertandingan terakhir. Sementara Napoli harus bisa mengamankan kemenangan saat menjamu Genk jika tak ingin posisinya terancam oleh dua tim yang saling berhadapan itu.

Sama seperti halnya di Grup E, pertandingan terakhir di Grup H akan sangat menarik. Perebutan dua tiket ke 16 besar akan dilakukan oleh Ajax, Valencia, dan Chelsea.

Ajax kini memimpin Grup H dengan 10 poin, sementara Valencia dan Chelsea berada di posisi kedua dan ketiga dengan jumlah yang sama, yaitu delapan poin. Chelsea yang berhadapan dengan Lille di laga terakhir, harus memastikan kemenangan jadi milik mereka untuk tetap bisa berpeluang lolos.

Sementara Ajax dan Valencia yang berhadapan di laga terakhir sudah pasti lolo jika Chelsea sampai kalah dari Lille. Namun, jika The Blues meraih kemenangan, maka Ajax dan Valencia harus berjuang untuk bisa memastikan satu tiket lain jatuh ke tangan mereka.

Dengan begitu masih ada empat tiket tersisa yang masing-masing satu tiket diperebutkan di Grup C, D, F, dan G Liga Champions pada matchday terakhir. Dari situasi tersebut, masih ada sembilan tim yang memiliki peluang untuk mendapatkannya.

Dari Grup C, tiga tim masih punya peluang untuk menemani Manchester City ke 16 besar. Shakhtar Donetsk berada di posisi kedua dengan enam poin, diikuti Dinamo Zagreb di posisi ketiga dengan lima poin, dan Atalanta di posisi terakhir dengan empat poin. Selisih poin yang begitu ketat di antara ketiga klub membuat perebutan satu tiket dari Grup C begitu menarik.

Shakhtar Donetsk dan Atalanta akan saling berhadapan di pertandingan terakhir. Kemenangan akan mengantarkan Shakhtar menemani Manchester City. Sebaliknya, jika Atalanta yang menang, maka tim asal Italia itu bisa mendapatkan tiket jika Dinamo Zagreb kalah dari Manchester City di pertandingan terakhir.

Jika Dinamo menang, maka otomatis Atalanta akan tersingkir meski memenangi duel dengan Shakhtar. Begitu pun jika Dinamo bermain imbang dengan Manchester City. Jumlah poin yang sama antara Dinamo dan Atalanta yang menang atas Shakhtar akan sama, dan Dinamo akan mendapatkan tiket lolos karena unggul head to head atas Atalanta.

Sementara dari Grup D, Atletico Madrid dan Bayer Leverkusen akan memperebutkan satu tiket terakhir dari grup ini. Atletico Madrid memiliki tujuh poin dan menempati posisi kedua, sementara Bayer Leverkusen tertinggal satu poin dan menempati posisi ketiga.

Sayangnya kedua tim tak saling berhadapan di pertandingan terakhir. Atletico Madrid akan menghadapi Lokomotiv Moscow, sementara Bayer Leverkusen akan menjamu Juventus.

Kondisi tersebut membuat Atletico Madrid harus memastikan diri menang atas Lokomotiv jika ingin lolos. Sementara Bayer Leverkusen tak hanya harus memenangi laga kontra Juventus, tapi juga berharap Lokomotiv Moscow bisa menahan imbang atau bahkan mengalahkan Atletico.

Situasi yang sama datang dari Grup F. Satu tiket 16 besar Liga Champions akan diperebutkan oleh Inter Milan dan Borussia Dortmund. Keduanya sama-sama memiliki tujuh poin, tapi Inter Milan berada di peringkat kedua karena unggul head to head dari Borussia Dortmund.

Namun, Inter Milan akan menghadapi Barcelona di pertandingan terakhir. Tiga poin saat menghadapi Barcelona akan memastikan Inter ikut ke 16 besar Liga Champions, apapun hasil antara Dortmund dan Slavia Praha. Namun, peluang Dortmund juga sangat besar, di mana Slavia Praha sudah pasti terdegradasi dan Dortmund bermain di kandang.

Hanya saja, Dortmund harus berharap agar Barcelona tidak memberikan tiga poin penting ini kepada Inter Milan dalam pertemuan terakhir mereka pada 10 Desember mendatang.

Sementara dri Grup H, situasinya benar-benar sama seperti di Grup G. Zeint Saint Petersburg dan Lyon sama-sama mengoleksi tujuh poin di peringkat kedua dan ketiga. Zenit memiliki posisi yang lebih baik akrena keunggulan agregat atas Lyon.

Kondisi tersebut membuat Zenit hanya harus memastikan diri menang atas Benfica di pertandingan terakhir, tanpa harus memusingkan hasil antara Lyon dan Leipzig. Sementara bagi Lyon, mereka tak hanya harus menang atas sang pemuncak klasemen, Leipzig, tapi juga harus berharap Benfica bisa menahan imbang atau bahkan menang atas Zenit di Estadio da Luz, Lisbon. (*)

Sumber: Bola.com

Penulis: Eko Fajri