Tiga Tim Ini Terancam Tak Lolos Babak 16 Besar Liga Champions

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Matchday kelima Fase grup Liga Champions musim 2019/20 akan kembali digelar.

Persaingan di beberapa grup masih cukup sengit karena memasuki matchday kelima hanya tiga tim yang sudah dipastikan tersingkir. Tiga tim yang dipastikan tersingkir tersebut adalah Galatasaray, Genk dan Lille.

Sementara tiga tim sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar. Mereka adalah Juventus, Bayern Munich dan Paris Saint-Germain (PSG).

Baca Juga

PSG sukses memetik poin penuh di empat pertandingan. Mengantongi 12 poin, matchday kelima dan keenam tidak akan menjegal langkah mereka untuk melaju ke fase gugur.

Begitu pula di Grup B di mana Bayern Munich sudah pasti melaju ke babak 16 besar dengan koleksi 12 poin. Sementara Juventus yang mengantongi 10 poin dari empat laga juga sudah dipastikan melaju ke fase gugur. Tim besutan Maurizio Sarri hanya tinggal memperebutkan posisi pemuncak klasemen mengingat Atletico Madrid yang membayangi di posisi dua dengan tujuh poin.

Jika Juventus, PSG, dan Bayern Munich sudah mengunci tiket 16 besar di Grup D, A dan B, persaingan ketat justru masih terjadi di Grup H.

Dari empat penghuni Grup H, hanya Lille yang sudah dipastikan terbuang. Sementara tiga penghuni lainnya; Ajax, Chelsea dan Valencia, hanya dipisahkan produktivitas gol. Sama-sama mengantongi tujuh poin, dengan dua laga tersisa, tiga tim tersebut dipastikan bakal 'saling bunuh' demi dua posisi teratas Grup H.

Aksi 'saling bunuh' juga akan terjadi di Grup F. Di mana keempat tim masih sama-sama punya peluang. Barcelona yang mengantongi delapan poin, hanya terpaut satu poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua dan hanya unggul empat poin dari Inter Milan yang ada di tempat ketiga.

Dengan dua pertandingan tersisa, Dortmund dan Inter masih punya peluang menyingkirkan Barcelona. Begitu pula dengan tim juru kunci Grup F Slavia Praha yang saat ini baru mengoleksi dua poin.

Namun, jika kita perhatikan klasemen A hingga H saat ini, ada tiga klub besar yang terancam gagal melaju ke babak 16 besar Liga Champions musim ini dan turun kasta ke babak 32 besar Liga Europa usai libur Natal mendatang.

1. Inter Milan, Grup F

Peraih tiga gelar Liga Champions (1964, 1965 dan 2010) Inter Milan terancam gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini menyusul ketatnya persaingan di Grup F.

Seperti dijelaskan di atas, Inter baru mengantongi empat poin dari empat pertandingan. Tertinggal empat poin dari pemuncak grup Barcelona dan tiga poin dari Borussia Dortmund yang ada di posisi kedua.

Di Serie A, Inter memang tampil apik dengan memetik 11 kemenangan dari 13 pertandingan. Akan tetapi di Liga Champions, performa tim besutan Antonio Conte bertolak belakang.

Dari empat pertandingan, Nerazzurri sudah menelan dua kekalahan. Menghadapi Barcelona dan Dortmund, Inter menelan kekalahan 2-1 dan 3-2.

Dan di matchday kelima dan keenam, Inter akan menghadapi Slavia Praha dan Barcelona. Dari dua pertandingan tersisa, peluang terbaik Inter untuk meraih poin penuh hanya di markas Slavia Praha. Kenyataan yang membuat langkah Inter tampil di babak 16 besar Liga Champions musim ini sangat berat.

2. Benfica

Raksasa Portugal Benfica juga terancam gagal ke fase gugur Liga Champions musim ini dan turun ke fase gugur Liga Europa.

Perjalanannya musim ini di Grup G pun terbilang mengejutkan. Bersaing dengan Leipzig, Lyon dan Zenit St. Petersburg, Benfica diunggulkan di awal musim.

Namun apa yang terjadi. Benfica hanya mampu mendulang tiga poin dari empat laga dan menjadi juru kunci grup. Benfica pun saat ini tertinggal enam poin dari Leipzig yang berada di puncak Grup G dengan sembilan poin dan tertinggal empat poin dari Lyon yang berada di posisi kedua.

3. Chelsea

Pemenang Liga Champions tahun 2012 yang juga merupakan juga bertahan Liga Europa, Chelsea, juga masuk dalam daftar tim raksasa yang terancam gagal melaju ke fase 16 besar Liga Champions tampil di kasta kedua musim ini. Alasannya cukup sederhana, performa tim besutan Frank Lampard tengah inkonsisten.

Di Grup H, Chelsea saat ini menempati posisi dua dengan koleksi tujuh poin. Chelsea hanya kalah produktivitas gol dari Ajax (posisi 1) dan Valencia yang berada di posisi tiga.

Di matchday kelima, Chelsea akan menantang Valencia di Estadio Mestalla. Meski Chelsea mengantongi catatan positif tampil di Mestalla dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang, di pertemuan pertama musim ini Chelsea ditumbangkan Valencia di Stamford Bridge pada 18 September kemarin.

Jelang lawatan mereka ke Mestalla kali ini pun diliputi aura negatif di mana The Blues baru saja ditumbangkan Manchester City akhir pekan ini.

Jika di pertandingan kali ini Chelsea kembali takluk dari Valencia dan di pertandingan lainnya Ajax mencuri tiga poin dari Lille, maka Chelsea dipastikan bakal turun satu posisi di klasemen Grup H.

Meski itu terjadi, Chelsea masih punya peluang karena di laga terakhirnya akan menghadapi tim juru kunci, Lille. Sembari berdoa di laga pamungkas Ajax dan Valencia saling bunuh dan tidak berbagi poin pada 11 Desember mendatang. (*)

Penulis: Eko Fajri