Fakhri Husaini: Kami Kalah dalam Situasi yang Berbeda

"Timnas Indonesia U-19 dikalahkan China dengan skor 1-3"
Fakhri Husaini (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Pelatih kepala tim nasional Indonesia U19, Fakhri Husaini mengatakan, kalau hasil di laga kedua antara timnya melawan China U19, merupakan situasi berbeda. Seperti diketahui, sebelumnya di laga pertama, Indonesia sukses menang 3-1 atas tamunya itu di Surabaya. Kini, bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (20/10). Mereka harus mengalami kekalahan 1-3.

“Skor 1-3 ini tentu bukan hasil yang kami harapkan meskipun ini laga uji coba. Kami kalah dalam situasi yang berbeda di laga pertama,” katanya saat konferensi pers usai laga, yang dikutip dari laman pssi.org.

Di laga kedua ini Fakhri menurunkan tim yang berbeda dari laga pertama. “Babak pertama 11 pemain yang belum saya berikan kesempatan penuh ketika bertanding di laga pertama. Kami di bawah tekanan terutama pemain tengah yang memberi ruang begitu luas, keleluasaan pada pemain China dan melakukan adaptasi,” dia menjelaskan.

Namun, saat Fakhri melakukan pergantian pemain saat babak kedua. Timnya bangkit.

“Babak kedua ada sedikit perubahan ketika saya mengganti Beckham. Kami bermain kembali minimal kami mampu pertahankan ritme permainan karena memiliki beberapa kesempatan juga. Sayang setelah skor 1-1, kelengahan pemain belakang terhadap servis dan free kick dan satu kesalahan yang dibuat pemain belakang membuat China mudah ciptakan gol,” ujarnya.

Akhirnya, Fakhri mengatakan, hasil ini akan menjadi modalnya untuk memilih pemain terbaik guna diturunkan di Piala AFC U19 bulan November di Jakarta. “Tapi hasil ini bagus. Artinya saya bisa mengetahui kekuatan secara personal daari pemain saya, karena ini momen tepat bagi saya dan memudahkan saya memilih 23 pemain untuk AFC Cup nanti,” tuturnya.

“Sekali lagi, tim China adalah gambaran tim yang akan dilawan kami seperti Korea Utara dan Hong Kong. Ini jadi catatan kami terhadap gol-gol yang terjadi di Tmnas U-19,” ... Baca halaman selanjutnya