Hasil Buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Begini Kondisi Psikis Pemain Timnas Indonesia

Latihan pemain Timnas Indonesia.
Latihan pemain Timnas Indonesia. (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Asisten pelatih Timnas Indonesia , Joko Susilo membeberkan kondisi anak asuhnya menyusul rangkaian hasil buruk mereka pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia. Dia mengaku bahwa kondisi mental anak asuhnya saat ini tak terlalu bagus.

"Kami memiliki pekerjaan sangat berat untuk mengatasi masalah psikis pemain. Masalah psikis di sini sama dengan yang terjadi di klub-klub papan bawah di kompetisi," kata Joko Susilo.

baca juga: Shin Tae Yong Pantau Asupan Makanan Pemain Timnas U-19

Menurut Joko, sejumlah pemain sempat mencurahkan perasaan mereka padanya. Rata-rata, para pemain tersebut mengeluhkan tentang tekanan yang mereka rasakan, terutama setelah dua kekalahan Timnas Indonesia . "Mungkin tekanan mereka kian berat karena para pemain ini juga punya keluarga," tuturnya.

Saat ini, Indonesia masih terdampar di dasar klasemen sementara Grup G. Hal ini tak lepas dari kekalahan Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan dalam dua laga sebelumnya, kontra Timnas Malaysia dan Thailand.

baca juga: Potong Gaji Shin Tae-yong, Ini Kata Ketum PSSI

Pada laga kontra Timnas Malaysia, Timnas Indonesia yang sempat unggul dulu akhirnya harus menelan kekalahan 2-3. Sementara, pada laga kontra Thailand, mereka harus menelan kekalahan tiga gol tanpa balas.

Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab pada laga ketiga mereka di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia. Pertandingan ini akan dihelat di Rashid Al-Maktoum Stadium, Kamis (10/10). Menurut Joko, tim pelatih telah berupaya proaktif untuk menuntaskan masalah ini.

baca juga: Liga 1 Mungkin Restart September, PSSI Didesak Siapkan Protokol yang Jelas

Mereka (tim pelatih, red), kata pelatih berusia 49 tahun ini menambahkan, berupaya menjadi psikolog bagi para penggawa Timnas Indonesia . "Menjadi psikolog merupakan salah satu peran pelatih," tutur Joko.

"Selain itu, tentu kami juga berupaya meminta bantuan psikolog profesional. Hal macam inilah yang bisa kami lakukan untuk menuntaskan masalah psikis pemain," sambungnya. (*)

baca juga: Kembali Bergulir, Ini Jadwal Pekan ke-28 Liga Spanyol 2019/2020

sumber: Bola.net

Penulis: Agusmanto