Liga Champions: Liverpool Tumbang di Markas Napoli, Barcelona Imbang

Keperkasaan Liverpool terhenti di kandang Napoli
Keperkasaan Liverpool terhenti di kandang Napoli (net)

KLIKPOSITIFNapoli sukses menundukkan tamunya, Liverpool 2-0 pada laga matchday1 Grup E  Liga Champions  2019/2020 di Stadio San Paolo, Naples, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB.

Setelah tampil begitu perkasa di Liga Inggris dengan rekor 100 persen kemenangan dari lima laga awal, Liverpool akhirnya keok juga.

baca juga: Benarkah Liga Champions 2019/2020 Harus Selesai Sebelum 3 Agustus? Ini Jawab UEFA

Semua berkat sepasang gol telat Napoli yang tercipta dari kaki Dries Mertens via titik putih pada menit ke-82, serta Fernando Llorente (90+2').

Bicara statistik keseluruhan, Liverpool sejatinya mendominasi ball possessionmeski bermain tandang, dengan keunggulan mencapai 53 persen.

baca juga: Ramos Samai Rekor Minor Ibrahimovic dan Edgar Davids

Meski demikian, tim tuan rumah unggul dalam aspek tembakan ke arah gawang lawan, yakni lima berbanding empat.

Di San Paolo, setelah kedua tim melalui duel sengit dengan saling berbalas dalam melancarkan serangan, Napoli akhirnya mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-81 usai Jose Callejon dilanggar Andy Robertson di kotak terlarang.

baca juga: Pecundangi 'Tim Fenomenal' Liverpool, Simeone: Kami Tetap Membumi

Dries Mertens yang maju sebagai algojo penalti pun menunaikan tugasnya dengan sempurna. Penyerang berpaspor Belgia itu mengirim bola ke pojok kiri bawah gawang Liverpool yang bisa dibendung Adrian.

Kesalahan elementer kembali dilakukan Liverpool saat laga memasuki injury time dan berbuah petaka.

baca juga: Ditumbangkan Atletico Madrid, Jurgen Klopp: Selamat Datang di Anfield

Bek tangguh Liverpool yang merupakan Pemain Terbaik Eropa 2019. Virgil van Dijk kehilangan bola di area kotak penalti dan berhasil disambar penyerang gaek Napoli, Fernando Llorente di depan gawang untuk menjadi gol.

Pertandingan pun berakhir dengan keunggulan 2-0 Napoli atas Liverpool.

Kredit tersendiri patut disematkan pada duet centre-back Napoli, Kalidou Koulibaly dan Kostas Manolas yang berhasil meredam eksplosivitas trio maut Liverpool, yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane di sepanjang laga.

Grup F: Dortmund vs Barcelona

Laga big match yang mempertemukan tuan rumah Borussia Dortmund kontra Barcelona pada matchday1 Grup F  Liga Champions  2019/2020 berakhir antiklimaks.

Minim peluang, di mana bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah, laga yang dihelat di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB ini berakhir imbang dengan skor kacamata alias 0-0.

Barcelona sendiri patut berterima kasih pada sang kiper andalan, Marc-Andre ter Stegen yang berhasil menggagalkan penalti kapten Borussia Dortmund, Marco Reus pada menit ke-57.

Sementara highlight dari kubu Barcelona, megabintang sekaligus kapten tim, Lionel Messi akhirnya mencatatkan penampilan perdananya di musim 2019/2020 ini pasca comeback dari cedera betis.

Turun sebagai pemain pengganti, La Pulga --julukan Messi-- masuk lapangan pada menit ke-59 untuk menggantikan wonderkidBarca, Ansu Fati.

Secara keseluruhan, Barcelona mendominasi ball possession hingga mencapai 59 persen.

Meski demikian Dortmund unggul dari aspek shots on target, yakni empat, sementara Barcelona hanya bisa me-register satu tembakan tepat sasaran di sepanjang laga.

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera