Bencana Kabut Asap di Indonesia, AS Roma Tulis Ini di Twitter

Unggahan AS Roma di twitter tentang kabut asap.
Unggahan AS Roma di twitter tentang kabut asap. (tangkapan layar)

KLIKPOSITIF -- Bencana kebakaran hutan yang menghasilkan kabut asap di Indonesia khususnya wilayah Riau dan Kalimantan menjadi perhatian Nasional bahkan juga dunia. Salah satu klub sepak bola Italia, AS Roma pun turut mengucapkan duka.

Melalui akun twitter AS Roma yang berbahasa Indonesia , mereka mengucapkan bela sungkawa mereka dengan menyertakan foto ilustrasi pemain Serigala Roma yang sedang menutup mulut. Tak lupa, mereka juga menandai klub asal Riau, PSPS pada ucapan mereka. #StaySafe untuk @pspsriau_ & masyarakat Riau juga sekitarnya, atas kabut asap yang melanda.

baca juga: Audy Joinaldy Bantu Warga Korban Abrasi di Pessel

“#StaySafe untuk @pspsriau_ & masyarakat Riau juga sekitarnya, atas kabut asap yang melanda. #SaveRiauDariKebakaranHutan#ASRoma,” tulis mereka seperti Football5Star.com kutip dari @OfficialRoma_ID.

Kabut asap sendiri telah dinyatakan sebagai bencana yang serius di Riau dan Kalimantan. Bahkan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Regional Sumatera menyebut kualitas udara di Pekanbaru sudah level berbahaya.

baca juga: Indonesia Masih dalam Status Keadaan Darurat Bencana Nasional

Data yang didapat P3E Regional Sumatera, wilayah di Pekanbaru yang level udaranya berbahaya ada di Kecamatan Rumbai dengan konsentrasi partikel debu 848. Wilayah lainnya berada di Kabupaten Siak, Kecamatan Minas juga level berbahaya konsentrasi 877.

Di wilayah KLHK, Kota Jambi, angka kualitas udaranya mencapai 347 atau juga sudah dianggap bisa beracun dari dalam tubuh. Sementara itu, di Pontiudar, Pontianak, Kalimantan Barat, kualitas udaranya sudah mencapai angka 377.

baca juga: Kasus COVID-19 Global, Indonesia di Posisi ke-33

Bahkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mengeluarkan kebijakan libur sekolah setelah melihat papan indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Kota Palangkaraya yang sudah masuk dalam kategori berbahaya. (*)

sumber: Football5star

baca juga: Selain Virus Corona, Ini 10 Ancaman yang Dihadapi Manusia Saat Ini

Penulis: Agusmanto