BJ Habibie Meninggal, Indra Sjafri Teringat Pesan Ini

"Indra Sjafri juga berterima kasih atas nasihat-nasihat beliau tentang sepak bola Tanah Air yang pernah disampaikan"
Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Indonesia tengah berkabung, salah seorang putra terbaik negeri ini yang merupakan Presiden ke-3 RI meninggal dunia, Rabu 11 September 2019. Dialah Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun.

Meninggalnya sosok Bapak Demokrasi dan Bapak Teknologi Indonesia tersebut juga menyisakan duka mendalam bagi pelatih Tim Nasional Indonesia U23 Indra Sjafri. Hal ini dikarenakan dirinya pernah diundang langsung oleh almarhum pada tahun 2016 silam.

"Selamat jalan Bapak Bangsa, terima kasih atas nasihat-nasihatnya dan pengabdian Bapak buat bangsa dan Negara Indonesia ini," kata Indra Sjafri melalui pesan singkatnya kepada KLIKPOSITIF, Kamis 12 September 2019.

Pelatih asal Pesisir Selatan atau Ranah Minang tersebut mengatakan BJ Habibie merupakan sosok yang baik sekali. Ia pun juga merupakan seseorang yang detail dalam menjelaskan sesuatu, dimana hal tersebut diketahui saat dirinya diundang ke rumah Kuningan, Jakarta.

"Saat itu, beliau menasehati saya bahwa membangun sepakbola itu tidak cukup dengan teknis sepakbola. Tapi moral dan spritual juga harus dibangun dalam sepakbola," ujarnya.

Indra Sjafri sendiri saat ini tengah menangani Timnas Indonesia U23 dan mempersiapkan tim untuk mengikuti SEA Games pada bulan November mendatang. Menurut jadwal, Timnas Indonesia U23 akan mengikuti mini turnamen di Cina pada 7-15 Oktober 2019.

"Rencananya kami akan berangkat di awal bulan dan akan mengikuti turnamen segi empat yang bertajuk CFA U-22 Men's International Football Tournament. Dimana selain tuan rumah Cina, turnamen ini juga akan diikuti tim kuat lainnya yaitu Yordania dan Arab Saudi," kata Indra Sjafri.

[Ade Suhendra]