Andritany Dicemooh Suporter, McMenemy Berikan Pembelaan

"Penjaga gawang nomor punggung 26 itu disebut-sebut jadi biang kekalahan timnas Indonesia di dua laga terakhir. "
Andritany (Goal.com)

KLIKPOSITIF -- Penjaga gawang sekaligus kapten Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa kini menjadi buah bibir dalam konotasi negatif.

Ini setelah kiper andalan Persija Jakarta itu kebobolan enam gol dari dua laga awal Timnas Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona AsiaGrup G.

Tiga gol awal yang bersarang di gawang Andritany terjadi saat skuat Garuda kalah dari Malaysia dengan skor 2-3 pada 5 September lalu. Terbaru, Andritany juga kemasukan tiga gol saat berhadapan dengan Thailand saat timnas Indonesia kalah 0-3, Selasa (10/9/2019).

Torehan tersebut Andritany jadi sasaran suporter. Penjaga gawang nomor punggung 26 itu disebut-sebut jadi biang kekalahan timnas Indonesia di dua laga terakhir. 

Namun, Pelatih timnas Indonesia tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh suporter tersebut. Menurutnya, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Andritany untuk tim nasional. 

Selain itu, juru racik asal Skotlandia itu mengungkapkan bahwa bukan hanya Andritany seorang yang membuat timnas Indonesia kalah. Namun, seluruh pemain yang ada di tim saat ini. 

"Bukan hanya Andritany saja, tapi semua dan bukan cuma dia yang di bawah tekanan, tapi juga semuanya. Dia kiper Persija dan sudah sering main dengan stadion penuh," kata Simon McMenemydalam jumpa pers usai pertandingan melansir suara.com.

Lebih lanjut, posisi penjaga gawang sangatlah sulit. Seribu penyelamatan bakal hilang hanya karena satu kesalahan yang telah dibuat.  

"Kiper itu posisi paling sulit dalam sepak bola, dia bisa bikin banyak penyelamatan tapi saat membuat satu kesalahan, dia jadi bahan cemoohan. Kadang dia pahlawan, kadang dia langsung dicaci, saya rasa dia tidak layak mendapat boo (sorakan) tadi," pungkasnya.