Tak Jadi Garang, Barcelona Mulai Tersiksa Jika Bermain Tandang

"Tanpa dukungan publik Camp Nou, pasukan Ernesto Valverde ini tampak seperti tim yang berbeda"
FC Barcelona (net)

KLIKPOSITIF -- Barcelona jelas punya masalah besar ketika bertandang ke markas lawan. Setiap laga tandang Barcelona adalah penyiksaan, mulai dari akhir musim lalu sampai awal musim ini. Tanpa dukungan publik Camp Nou, pasukan Ernesto Valverde ini tampak seperti tim yang berbeda.

Mereka selalu kerepotan ketika menyambangi tim yang bermain dengan intens dan menerapkan tekanan tinggi. Teranyar, hal ini terjadi ketika Barca ditahan imbang Osasuna 2-2 pada laga lanjutan La Liga 2019/20, Sabtu (31/9) lalu. Tim yang baru promosi seperti Osasuna bisa menghancurkan Barcelona di babak pertama.

Mengutip Marca, setiap bermain di kandang lawan dewasa ini, Barca cenderung tampil kurang intens. Absennya Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele seharusnya tidak jadi alasan. Barcelona tampak kebingungan ketika bermain di markas lawan.

Seakan-akan ada dua tim Barcelona berbeda: tangguh di kandang, lemah saat tandang. Contoh paling jelas adalah ketika melawat ke Anfield pada Liga Champions musim lalu - masalah yang masih berlanjut sampai musim ini. Skuad Barca cenderung membuat kesalahan mendasar di markas lawan. Barca kerepotan menghadapi kekuatan lawan.

Bagi tim sebesar Barca, jelas penampilan buruk di kandang lawan ini bisa jadi masalah besar. Tercatat, mereka belum pernah memenangkan enam laga tandang terakhir. Satu catatan buruk lainnya: Barca mudah kebobolan terlebih dahulu di markas lawan, bahkan saat melawan tim yang tidak terlalu kuat.

Artinya, jika fokus pada target Barca musim ini, mereka harus segera menyelesaikan masalah tersebut. Permainan Barca kurang banyak hal. Pertahanan tampak tak menyatu, kurang intens menekan lawan, pemain baru belum menyatu, dan ada koneksi buruk antara para pemain di lapangan. Setelah tiga pekan La Liga, Barca hanya meraih empat poin. Salah satu rekor terburuk Blaugrana. (*)

sumber: Bola.net