Resmi Berpindah, Ini Dia Tiga Stadion di Ibukota Baru

"Di ibu kota baru nanti, ada tiga stadion yang kini telah berdiri"
Stadion Aji Imbut, salah satu stadion di ibukota baru. (net)

KLIKPOSITIF -- Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo secara resmi mengumumkan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur. Lokasi itu berada di dua kabupaten, yakni Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Joko Widodo telah mempertimbangkan dengan matang mengenai keputusan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Beberapa aspek yang dipertimbangkan adalah lokasi yang strategis dan minimnya risiko bencana.

Terlepas dari aspek pemerintahan, bagi pecinta sepak bola, pemindahan ibu kota juga akan menyorot fasilitas olahraga yang ada Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, terutama soal stadion. Di ibu kota baru nanti, ada tiga stadion yang kini telah berdiri.

Ketiga stadion itu adalah Stadion Benoa Taka di Kabupaten Penajam Paser Utara, serta Stadion Aji Imbut dan Stadion Rondong Demang yang sama-sama berada di Kutai Kartanegara. Berikut ulasannya:
1. Stadion Benoa Taka
Stadion ini ada di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Stadion Benuo Taka sempat bakal menjadi markas Persiba Balikpapan pada Liga 1 2017, tapi akhirnya batal. Persiba saat itu pun akhirnya memilih menggunakan Stadion Gajayana yang berada di Malang, Jawa Timur. Ada beberapa sebab, salah satunya banyaknya persyaratan yang bisa menghabiskan dana sebesar Rp 25 miliar.

Stadion Benoa Taka sendiri memang tidak semewah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Bahkan, stadion ini belum memiliki tribun melingkar. Penonton hanya menyaksikan pertandingan dengan duduk di tribun samping lapangan.

Namun, dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur, bukan tidak mungkin Stadion Benoa Taka akan mendapat perhatian lebih dan menjadi salah satu stadion besar di daerah tersebut.

2. Stadion Aji Imbut
Stadion Aji Imbut sudah banyak dikenal pecinta sepak bola Tanah Air. Ya, karena stadion ini merupakan kandang dari Mitra Kukar sejak mengarungi Liga 1 ... Baca halaman selanjutnya