Semen Padang FC Didenda Rp150 Juta

"Denda tersebut diberikan akibat pelanggaran dalam laga Semen Padang FC melawan PSIS Semarang di Shopee Liga 1 yang digelar di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Jumat (16/8)"
Semen Padang FC (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Komisi Disiplin Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp150 juta kepada Semen Padang FC. Hukuman itu berdasarkan dari hasil sidang Komisi Disiplin PSSI pada Selasa, (20/8) lalu yang mengeluarkan 26 keputusan, termasuk hukuman denda untuk Semen Padang.

Denda tersebut diberikan akibat pelanggaran dalam laga Semen Padang FC melawan PSIS Semarang di Shopee Liga 1 yang digelar di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Jumat (16/8). Hukuman tersebut merujuk kepada pasal 70 lampiran 1 jo. pasal 41 ayat (1) Kode Disiplin PSSI.

Suporter Semen Padang FC dinyatakan terbukti menyalakan flare (petasan suar) yang dilakukan di tribun selatan, tepatnya di tribun yang diisi oleh Spartacks. Penyalaan flare ini dilakukan beberapa saat setelah gol tendangan bebas yang diciptakan oleh Irsyad Maulana.

Terkait denda tersebut, CEO PT Kabau Sirah Semen Padang, Hasfi Rafiq menyebut, kondisi ini mau tak mau harus diterima oleh tim. Namun, dia sangat menyayangkan sikap suporter yang terlalu euforia sehingga merugikan tim.

"Ini tidak bisa dihindari lagi, ya kita harus terima. Ke depan, saya meminta kepada para suporter dan penonton agar lebih dewasa. Tim kita baru mulai berusaha bangkit dan sama-sama kita berdoa semoga tren ini bisa terus berlanjut," katanya seusai laga melawan Persela lalu.

Disebutnya, kejadian ini adalah kali kedua hukuman flare dijatuhkan oleh Komisi Disiplin kepada PSSI. Pada laga melawan Persib, bulan Juni lalu, Semen Padang FC juga mendapatkan denda Rp100 juta karena aksi yang sama. (*)