Menpora Dorong Shopee Liga 1 2019 Gunakan Teknologi VAR

"Ini dilakukan menghindari terulangnya sistem pengaturan skor di Indonesia"
ilustrasi VAR (net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendorong agar kompetisi sepakbola kasta tertinggi Tanah Air, yakni Liga 1 segera menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

Menpora menyarankan agar VAR dipakai di setiap pertandingan untuk menghindari dugaan kecurangan peraturan skor.

"Dengan VAR diberlakukan, maka itu akan membantu wasit dan bisa mengurangi gesekan antar suporter atas kecurigaan-kecurigaan," ucap Imam di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Kota Bandung ini.

Menurut Imam, pihak penyelenggara Liga 1 perlu mencontoh kompetisi 'swasta' di Tanah Air yang menggunakan VAR. Salah satunya, kata Menpora, Bandung Premiere League (BPL) yang menggunakan teknologi canggih tersebut.

"Mereka (pihak penyelenggara Liga 1) harus tiru Bandung Super League itu loh, kompetisi turnamen swasta atau amatir tapi pakai VAR," celoteh Imam.

Menurut Imam, bila perlu pihak penyelenggara Liga 1 harus berkomunikasi dengan penyelenggara BPL untuk mengestimasi biaya pengadaan VAR yang kini memang telah banyak diterapkan dalam sepakbola dunia.

Selain itu, dengan adanya teknologi moderen tersebut, menurut Imam citra sepakbola Indonesia bisa menjadi positif setelah dilanda kontroversi pengaturan skor belakangan ini.

"Sekarang era sudah terbuka. Ayo kita berbenah, pakai VAR lah, masa begitu saja enggak bisa!" tukas Menpora. (*)

sumber: Suara.com