Tak Ada Ronaldo, Ini 10 Pesepakbola Paling Berharga di Dunia

"Ronaldo hanya berada di peringkat 25"
Lionel Messi (net)

KLIKPOSITIF -- Transfermarkt merilis daftar pemain paling berharga di sepakbola tahun ini dan baik Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo tak masuk dalam posisi lima besar.

Ronaldo dan Messi sudah mendominasi sepakbola dunia selama satu dekade terakhir. Keduanya tampil luar biasa tiap musim dan mencetak puluhan gol.

Akan tetapi sekarang ini mereka sudah 'uzur'. Messi genap berusia 32 tahun pada 24 Juni ini dan Ronaldo berusia 34 tahun. Superstar Barcelona dan Juventus itu bisa dikatakan sudah memasuki masa senja dalam karirnya.

Kini generasi baru mulai mengambil alih posisi keduanya. Para pemain baru seperti bintang PSG, Kylian Mbappe mulai muncul. Demikian juga dengan Neymar serta bintang Liverpool, Mohamed Salah.

Maka tidak heran apabila Messi dan Ronaldo sekarang tak lagi menjadi pemain paling berharga di dunia. Posisinya mulai diambil alih para pemain lain.

Saat ini, posisi pemain paling berharga di dunia ditempati oleh Mbappe. Pemain asal Prancis tersebut memiliki harga pasar sebesar 200 juta Euro.

Di posisi kedua ada koleganya di PSG, Neymar. Penyerang Tottenham, Harry Kane, ada di peringkat ketiga. Sementara itu, Mohammed Salah ada di peringkat keempat.

Posisi kelima ditempati oleh eks bintang Chelsea yang sekarang sudah menjadi milik Real Madrid, Eden Hazard. Lionel Messi setelah itu dengan 150 juta Euro.

Sedangkan, Cristiano Ronaldo tidak terlihat di posisi dua puluh teratas. Sebaliknya, pemain muda seperti Jadon Sancho, Ousmane Dembele dan Bernardo Silva masuk di dalamnya.

Selain itu, ada satu nama yang mengejutkan yakni Kai Havertz. Pemain milik Bayer Leverkusen ini berada di ... Baca halaman selanjutnya