Diduga Terlibat Kasus Korupsi, Legenda Sepakbola Prancis Ditahan

"Penyelidikan terhadap pemberian status tuan rumah Piala Dunia 2022 untuk Qatar sedang digelar oleh Divisi Anti-Corruption Office of the Judicial Police (OCLCIFF)"
Michel Platini (net)

KLIKPOSITIF -- Mantan Presiden UEFA, Michel Platini, ditahan pihak yang berwajib pada Selasa (18/6/2019) di Nanterre, Prancis. Platini dituduh terlibat dalam kasus korupsi penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Michel Platini, yang juga mantan bintang timnas Prancis, menjabat sebagai presiden UEFA sejak 2007 hingga 2015. Dia kemudian dikenakan sanksi skors oleh Komisi Etik FIFA lantaran beberapa pelanggaran etika.

Penyelidikan terhadap pemberian status tuan rumah Piala Dunia 2022 untuk Qatar sedang digelar oleh Divisi Anti-Corruption Office of the Judicial Police (OCLCIFF). Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pada 2010 banyak menimbulkan kontroversi.

Selain Michel Platini, dilaporkan juga Claude Gueant, penasihat mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy harus menjalani interogasi intensif. Namun, dia tidak ditangkap.

Pada 2015, Platini sempat mencalonkan dirinya untuk menjadi Presiden FIFA terkait kasus korupsi yang menimpa Sepp Blatter. Namun, setelah penyelidikan lebih lanjut, Platini dianggap ikut menerima uang dalam suap penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Hal tersebut membuat Michel Platini mendapat hukuman tidak boleh terlibat di dunia olahraga hingga 2023. Namun penyelidikan terus berlanjut dan pihak wajib meningkatkan statusnya sebagai tersangka.

Sumber: Liputan6.com, bola.com