Ingin Perbaiki Kinerja Wasit, Ini yang Dilakukan PSSI

"Wasit diharapkan bisa berani ambil keputusan yang tepat dan elegan dalam keadaan sesulit apapun"
Peserta pelatihan saat foto bersama (PSSI)

KLIKPOSITIF -- PSSI secara resmi membuka acara penyegaran dan seleksi perangkat pertandingan, terkait dengan akan bergulirnya kompetisi sepak bola profesional Liga 2 musim 2019. Bertempat di Hotel Fame Gading Serpong, Tangerang, Selasa (11/6). Kegiatan ini sekaligus sosialisasi aturan baru untuk wasit dan asisten wasit, yang tertuang dalam ‘Laws of the Game’ FIFA edisi terbaru.

Peserta adalah mereka yang telah memenuhi standar penilaian performa wasit. Kegiatan yang bertajuk “Referee Pro League Course Selection 2019” ini akan berlangsung hingga 13 Juni 2019.

Acara dibuka oleh salah satu Komite Eksekutif PSSI, Juni Ardianto Rachman yang juga membidangi bagian wasit di federasi. Kemudian ada perwakilan dari AFC, Suresh Srinivasan, dia adalah Instruktur Wasit asal India yang akan memberikan materi dalam kegiatan ini. Serta anggota Komite Wasit PSSI, Yesaya Leithu.

Dalam sambutannya, Juni Ardianto Rachman mengatakan kesiapan dirinya untuk bersama-sama memperbaiki serta meningkatkan kinerja wasit di Indonesia. “Kegiatan ini tidak lain adalah untuk evaluasi perbaikan dan meningkatkan kerja teman-teman perangkat pertandingan, sekaligus sosialisasi peraturan terbaru dalam Laws of the Game FIFA,” bukanya, yang dikutip dari laman pssi.org.

“Harapan saya adalah bagaimana nantinya wasit bisa berani ambil keputusan yang tepat dan elegan dalam keadaan sesulit apapun. Semoga sepak bola Indonesia semakin maju juga mengurangi stigma dan penilaian buruk dari masyarakat sepak bola terhadap perangkat pertandingan,” tegasnya.

Mengenai perubahan peraturan dalam Laws of the Game, Suresh menjelaskan secara jelas. “Beberapa perubahan terbesar adalah pada aturan ‘handsball’ yang berkaitan dengan kesempatan-kesempatan ketika itu dilakukan dengan tidak disengaja / tidak disengaja akan dihukum. Misalnya, gol yang dicetak langsung dari tangan / lengan (bahkan ... Baca halaman selanjutnya