Xabi Alonso Resmi Jadi Pelatih Klub Spanyol

"Alonso juga telah mengantongi lisensi pelatih UEFA bersama koleganya, antara lain, Raul Gonzalez, Xavi Hernandez, Victor Valdes serta Joan Capdevilla."
(Net)

KLIKPOSITIF -- Xabi Alonso secara resmi telah menjadi pelatih klub asal Spanyol, Real Sociedad B. Setelah pensiun dari pemain bola profesional dia memilih berkarier sebagai pelatih.

Mantan gelandang Bayern Munich itu resmi pensiun pada Mei 2017 lalu. Mengawali karir di klub Real Sociedad B pada 1999-2000, dia tercatat telah 19 tahun berkarier sebagai pemain bola profesional.

Dilansir dari skysport, Senin (3/6/2019), mantan pemain Liverpool itu mengabdikan diri dengan melatih klub masa kecilnya. Dia menandatangani kontrak selama dua tahun dengan manajemen Real Sociedad B, menggantikan Aitor Zulaika.

Alonso juga telah mengantongi lisensi pelatih UEFA bersama koleganya, antara lain, Raul Gonzalez, Xavi Hernandez, Victor Valdes serta Joan Capdevilla.

Sebelum itu Pelatih asal Sapnyol itu sempat menjadi juru taktik mantan klubnya yakni Real Madrid Infatil A, klub yang diisi pemain berusia di bawah 14 tahun.

Kariernya saat berseragam Los Blancos dinilai sangat baik. Lima tahun membela Real Madrid Alonso telah menyumbang satu gelar Liga Spanyol, dua trofi Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Di kancah dunia, mantan pemain Timnas Spanyol itu telah mencatatkan sebanyak 144 caps kala membela skuat berjuluk La Furia Roja.

Selain itu Alonso juga berhasil meraih trofi Piala Dunia pada 2010 silam setelah menang tipis 1-0 atas Belanda. (*)