Penambahan Peserta Batal, Piala Dunia 2022 Qatar Tetap Diikuti 32 Tim

"karena waktu yang dianggap terlalu singkat, rencana itu akhirnya dibatalkan"
Piala Dunia (net)

KLIKPOSITIF -- Piala Dunia 2022 di Qatar dipastikan akan tetap diikuti sebanyak 32 tim. Dengan demikian, rencana penambahan jumlah kontestan menjadi 48 negara untuk sementara resmi dibatalkan.

Penambahan jumlah peserta Piala Dunia sebenarnya baru akan dilaksanakan pada edisi 2026. Namun, presiden FIFA, Gianni Infantino, mengumumkan bahwa 48 peserta bisa dilaksanakan pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Penambahan peserta Piala Dunia ini pun membuat Qatar harus menggandeng negara tetangga untuk menjadi tuan rumah bersama. Sayangnya, karena waktu yang dianggap terlalu singkat, rencana itu akhirnya dibatalkan.

"Berdasarkan kesimpulan dari studi kelayakan yang disetujui Dewan FIFA dalam pertemuan terakhirnya, FIFA dan Qatar bersama-sama mengeksplorasi kemungkinan menambah jumlah tim peserta dari 32 menjadi 48 tim, dengan melibatkan negara-negara tetangga di Piala Dunia Qatar 2022," demikian bunyi pernyataan FIFA.

"Oleh karena itu, Piala Dunia Qatar 2022 tetap sesuai rencana semulai yakni 32 tim," lanjut pernyataan tersebut.

Batalnya penambahan jumlah peserta ini sebenarnya sudah diprediksi oleh Presiden UEFA, Aleksander Caferin. Ketika Gianni Ifantino mendeklarasikan percepatan jumlah peserta, Caferin sempat memberikan kritikan karena rencana itu dianggap kurang realistis. (*)

sumber: FIFA dan Suara.com