Belum Pastikan Siapa Pelatih Kepala, Inilah Pengurus Tim Sepak Bola Sumbar

Pengurus Manajemen #MinangHebat Tim Sepak Bola Sumbar bersama Ketua Asprov PSSI Sumbar.
Pengurus Manajemen #MinangHebat Tim Sepak Bola Sumbar bersama Ketua Asprov PSSI Sumbar. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pasca ditunjuk Ketua Asprov PSSI Sumbar , Indra Dt. Rajo Lelo sebagai manajemen Tim Sepak Bola Sumbar , Sabtu 20 April 2019 lalu, Head of Delegation Tria 'Ola' Suprajeni langsung tancap gas. 

Saat dihubungi KLIKPOSITIF via telepon genggam, Senin 22 April 2019, dia mengatakan telah mengantongi deretan nama manajemen Tim Sepak Bola Sumbar yang dinamai #MinangHebat.

baca juga: Realisasi Pajak Daerah Kota Padang Baru 25 Persen

Tria Suprajeni yang akrab disapa Om Ola menjelaskan untuk manajemen sendiri, dia telah memiliki beberapa nama, salah satunya adalah Carlos De Mello sebagai Direktur Teknik. Mantan pemain PSM, Persib, Persebaya dan Persita ini didaulat sebagai Direktur Teknik tim sepak bola Sumbar .

"Manajer tim dipercayakan kepada Om Hardimen Koto dengan asisten Oskar Simta. Kemudian, sekretaris dan bendahara adalah Yulius Dede dan Ganefardi serta Media Officer Adril Mahaputra Yost," kata Om Ola.

baca juga: Masjid di Tanah Datar Mulai Laksanakan Salat Jumat

Menurutnya, persiapan tim sepakbola Sumbar telah dimulai sejak beberapa waktu lalu pasca berakhirnya turnamen akbar Minangkabau Cup III. Tercatat 33 pemain terpilih mengikuti seleksi untuk masuk dalam tim sepak bola Sumbar yang dipersiapkan untuk menghadapi Porwil di Bengkulu pada 2-9 November 2019 mendatang dan PON 2020.

"Selain pemain yang terjaring Scouting Talent di Minangkabau Cup, kami juga membuka kesempatan kepada pemain muda Sumbar yang mengikuti Porprov dan Liga 3," kata Ketua Panitia Minangkabau Cup III tersebut.

baca juga: Positif Covid-19, BM Sempat Mengikuti Rapat di Kantor Bupati dan DPRD Solsel

Secara terpisah, Hardimen Koto yang ditunjuk sebagai Manajer Tim Sepak Bola Sumbar mengatakan, posisi yang diberikan kepadanya adalah tantangan untuk kembali membawa nama Sumbar di cabang sepakbola ke tingkat nasional. Menjawab tantangan tersebut ia menjelaskan akan melakukan seleksi pemain dengan sistem promosi dan degradasi.

"Kami akan berusaha sepenuhnya membentuk tim sepakbola Sumbar ini lebih baik ke depannya. Setelah mendapatkan jumlah pemain sesuai kuota maka tim akan melakukan pemusatan latihan serta try out atau ujicoba dengan beberapa tim baik dari dalam Sumbar maupun luar Sumbar ," kata Hardimen Koto yang juga seorang komentator dan analis sepakbola tersebut.

baca juga: Setelah Diambil Sampel Swab ASN Solsel Dilarang Keluar Rumah

Ia berharap dengan sistem promosi dan degradasi dalam proses seleksi dapat memunculkan pemain berkualitas yang akan membela Sumbar pada Porwil, Pra PON, dan PON nantinya. Sehingga beberapa slot tim yang akan diperebutkan untuk PON 2020 di Papua dapat diraih oleh tim sepakbola Sumbar .

"Harapannya adalah anak-anak dapat mengasah kemampuannya melawan Timnas yang akan bermain di Sea Games atau anak asuh Coach Indra Sjafri. Tapi tentu itu tidak mudah karena banyak persiapan yang harus disiapkan baik dari segi fisik, mental, maupun finansial yang tidak sedikit," ujar Hardimen Koto.

Untuk pelatih kepala, ia dan manajemen belum bisa memberikan nama yang akan menjadi arsitek tim sepakbola Sumbar . Namun hingga saat ini manajemen dikatakannya telah memiliki 3 nama pelatih yang akan menjadi pelatih kepala bagi tim sepakbola Sumbar untuk persiapan Porwil di Bengkulu, Pra PON dan PON 2020 di Papua.

"Pelatih kepala belum bisa kami umumkan sekarang. Insha Allah jelang akhir Juni 2019 nanti akan diumumkan. Tapi untuk asisten pelatih adalah Alex Aldha Yudi, Gusnedi Adang dan Ahmad Idris untuk pelatih kiper. Kemudian, juga ada nama Dian Okta sebagai analis yang akan bertugas menganalisa serta melihat peta kekuatan lawan," katanya.

[Ade Suhendra]

Penulis: Agusmanto