PSSI Akan Lengkapi Kompetisi Kelompok Umur

"Tahun ini, akan ada tiga kompetisi kelompok umur yang bersinergi dengan klub Liga 1"
Ilustrasi (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Federasi Sepak bola Indonesia, PSSI, secara bertahap akan melengkapi kompetisi kelompok umur. Selain bersinergi dengan klub-klub anggota Liga 1, PSSI juga akan bekerja sama dengan Asosiasi Provinsi.

“Tahun ini, kita akan menggelar tiga kompetisi kelompok umur yang bersinergi dengan klub Liga 1, yakni Liga U16, Liga U18 dan Liga U20. Sementara dengan Asprov, kita juga memutar Piala Soeratin untuk kelompok UmurU-13,  U-15 dan U-17,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Menurut Tisha, tahun 2020, kompetisi kelompok umur akan ditambah yakni Liga U-14. Dengan demikian kompetsi kelompok umur akan lengkap. “Dengan memiliki Liga di kelompok umur, maka pembinaan bisa dilakukan secara kontinyu dan berjenjang. Kompetisi ini, akan membantu klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan,” jelas Tisha.

Pembukaan Elite Pro Academy U16, telah dilaksanakan secara sederhana dengan pemotongan tumpeng di pinggir lapangan pada Jumat 19 April 2019 yang lalu. 

Bima yang baru saja tiba dari Inggris, sengaja datang untuk bisa memantau pemain yang tampil pada laga perdana. Pertandingan pertama Elite Pro Academy mempertemukan juara bertahan Persib Bandung versus Barito Putra. Persib yang tampil dominan, akhirnya menjadi pemenang dengan skor tipis 1-0.

Kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 diikuti 18 tim peserta Liga 1 2019 dibagi dalam tiga grup dengan format bertemu semua alias home and away, yakni dua kali kandang dan tandang. Khusus grup C akan menggunakan format home turnamen.

Untuk pertandingan akan berlangsung 2x30 menit dengan pergantian maksimal lima pemain setiap tim. Selain itu setiap tim juga harus wajib memainkan lima pemain kelahiran 2004. (*)