Indonesia Dipastikan Berlaga di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Timnas Indonesia tak beranjak di peringkat FIFA sebelumnya tapi memiliki poin lebih tinggi"
FIFA World Cup (net)

KLIKPOSITIF -- Mengulangi torehan di tahun lalu, tahun ini Timnas Indonesia bakal langsung berlaga di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kepastian itu merujuk pada daftar ranking terbaru yang dirilis oleh federasi sepakbola dunia (FIFA).

Dalam rilisan terbaru, Timnas Indonesia sebetulnya tak ada perubahan. Skuat Garuda urung beranjak dari ranking 159 dunia. Sedangkan untuk zona Asia, Indonesia menempati posisi 32. Posisi ini sama seperti rilisan FIFA pada awal Februari 2019 lalu.

Meski tak beranjak rankingnya, poin skuat Merah Putih bertambah dari yang sebelumnya 1003 kini menjadi 1008. Tambahan ini didapat setelah Timnas Indonesia menang 2-0 atas Myanmar pada laga uji coba 25 Maret 2019 lalu.

Kabar baik lainnya, dengan tidak beranjak turun dari ranking 34 besar Asia, Timnas Indonesia berhak untuk langsung tampil di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Artinya, Timnas Indonesia tak perlu masuk undian babak pertama seperti Malaysia, Kamboja dan Brunei.

Untuk diketahui, pada babak kedua nanti ada sebanyak 40 tim yang terdiri dari 34 tim yang sudah langsung lolos ditambah enam tim pemenang pada babak pertama. Mereka akan bersaing dalam format grup yang bakal dibagi dalam delapan grup.

Jika sesuai jadwal, babak kedua akan dilaksanakan pada 5 September 2019 hingga 9 Juni 2019. Sementara, pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2022 rencananya akan dihelat pada 17 April 2019 mendatang.

Sementara dari catatan di babak Kualifikasi Piala Dunia, sejak tahun 2006 Indonesia selalu langsung tampil di babak kedua. Namun sejak saat itu pula urung sekalipun Timnas Indonesia menembus babak ketiga.

Paling tragis yakni di episode 2018 lalu. Indonesia sebetulnya lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia, sayang kala itu para penggawa Merah Putih tak dapat tampil karena masih kena sanksi FIFA. (*)

sumber: Bolatimes dan PSSI