Terkait Status Ezra, Netizen Indonesia Ramai Komentari Instagram AFC #SaveEzraWalian

"Jadi apa yang terjadi dengan Walian? Apa perbedaan antara chappuis dan Walian ?? Kenapa dia tidak bisa bermain dengan Indonesia ??""
Salah satu postingan di instagram AFC yang dibanjiri komentar netizen Indonesia (Capture Instagram)

KLIKPOSITIF -- FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra Walian untuk tampil bersama Timnas Indonesia dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.

"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.

Sebelumnya status Ezra yang akan tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 dipertanyakan saat dilakukan Match Coordination Meeting (MCM). Ezra Walian tidak bisa didaftarkan timnas Indonesia U-23 karena pernah membela timnas Belanda U-17.

Sehubungan dengan status Ezra tersebut, sejak kemarin (Kamis, 21/3) netizen Indonesia ramai-ramai memenuhi kolom komentar di Instagram AFC @theafchub. Meski postingan @theafchub tidak ada berkaitan dengan Indonesia, namun netizen indonesia banyak yang menyerbu komentar dalam foto yang diunggah akun itu, salah satunya dengan hasteg #SaveEzraWalian.

Seperti unggahan terakhir pada Kamis (21/3) di akun tersebut, yang menjelaskan hasil akhir pertandingan antara UAE 2 - 1 KSA.

Dalam foto yang telah di komentari 17,6 ribu pengguna media sosial tersebut, netizen Indonesia ramai-ramai berkomentar.

Berikut beberapa komentar di foto tersebut:

"@dedydidot #saveezrawalian, @trikisworo22 kasian gusti randa baru jadi ketum pssi udh ada ... Baca halaman selanjutnya