Terkait Status Ezra, Netizen Indonesia Ramai Komentari Instagram AFC #SaveEzraWalian

Salah satu postingan di instagram AFC yang dibanjiri komentar netizen Indonesia
Salah satu postingan di instagram AFC yang dibanjiri komentar netizen Indonesia (Capture Instagram)

KLIKPOSITIF -- FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI , Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra Walian untuk tampil bersama Timnas Indonesia dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.

baca juga: Jemaah Lunas Bipih Berangkat Tahun Depan

"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.

Sebelumnya status Ezra yang akan tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 dipertanyakan saat dilakukan Match Coordination Meeting (MCM). Ezra Walian tidak bisa didaftarkan timnas Indonesia U-23 karena pernah membela timnas Belanda U-17.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Sehubungan dengan status Ezra tersebut, sejak kemarin (Kamis, 21/3) netizen Indonesia ramai-ramai memenuhi kolom komentar di Instagram AFC @theafchub. Meski postingan @theafchub tidak ada berkaitan dengan Indonesia, namun netizen indonesia banyak yang menyerbu komentar dalam foto yang diunggah akun itu, salah satunya dengan hasteg #SaveEzraWalian.

Seperti unggahan terakhir pada Kamis (21/3) di akun tersebut, yang menjelaskan hasil akhir pertandingan antara UAE 2 - 1 KSA.

baca juga: Ditanya Pernah Dukung Prabowo, Ini Jawab Ustaz Somad

Dalam foto yang telah di komentari 17,6 ribu pengguna media sosial tersebut, netizen Indonesia ramai-ramai berkomentar.

Berikut beberapa komentar di foto tersebut:

baca juga: Ini Jadwal Terbaru Timnas Indonesia di Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022

"@dedydidot #saveezrawalian, @trikisworo22 kasian gusti randa baru jadi ketum pssi udh ada kasus kaya gini.. hayo apa yg bisa anda lakukan? #savegustiranda, @zicoarzf #saveezrawalian @rian_sah6110 Ezra from indoo
@ al_gheraldy Wkwk gila indonesian power

Ada juga yang mempertanyakan perpindahan Diego Costa, seperti akun @raflipramudia70 Do you remember Diego Costa? He played for the Brazilian national team on FIFA matchday, and now? he plays for spain #SaveEzraWalian @yogqq

Beda lagi dengan netizen @iam.erks yang mengatakan: For an example. Chappuis, a Thai international now, he was a Switzerlad youth International. In 2009, he was part of the Swiss under-17 team that won the 2009 FIFA U-17 @fifaworldcup beating the host nation Nigeria 1-0 in the final, featuring in all seven matches at the tournament. It was the same case with Walian. He was part of the Netherland under-17 team that play in 2014 Qualification of UEFA Under-17 Euro.  So what’s happen with Walian? What’s different between chappuis and Walian?? Why he can’t do play with Indonesia??

"happuis, seorang internasional Thailand sekarang, dia adalah seorang pemuda internasional Switzerlad. Pada tahun 2009, ia adalah bagian dari tim U-17 Swiss yang memenangkan FIFA U-17 @fifaworldcup 2009 mengalahkan negara tuan rumah Nigeria 1-0 di final, menampilkan semua tujuh pertandingan di turnamen. Itu adalah kasus yang sama dengan Walian. Dia adalah bagian dari tim U-17 Belanda yang bermain di Kualifikasi UEFA U-17 Euro 2014. Jadi apa yang terjadi dengan Walian? Apa perbedaan antara chappuis dan Walian ?? Kenapa dia tidak bisa bermain dengan Indonesia ??"

Itu bebarapa komentar netizen yang memenuhi kolom komentar salah satu foto di instagram AFC tersebut. (*)

Penulis: Eko Fajri