Piala Dunia 2022 Kemungkinan Besar Diikuti 48 Negara

"Sejak 1998 hanya ada 32 tim yang ambil bagian di Piala Dunia dan jumlah tersebut awalnya akan tetap sama untuk edisi 2022 mendatang"
Presiden FIFA, Gianni Infantino (net)

KLIKPOSITIF -- Presiden FIFA, Gianni Infantino tidak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah tim yang berpartisipasi di Piala Dunia 2022 menjadi 48. Penerapan gagasan untuk menambah kontestan Piala Dunia mungkin dipercepat dari 2026 menuju 2022.

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi berukitnya setelah memenangkan persaingan atas Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, Jepang dan Australia. Sejak 1998 hanya ada 32 tim yang ambil bagian di Piala Dunia dan jumlah tersebut awalnya akan tetap sama untuk edisi 2022 mendatang.

Sebenarnya rencana untuk menambah 16 peserta baru akan diterapkan FIFA pada Piala Dunia 2026 di tiga negara sekaligus, yakni AS, Meksiko dan Kanada sesuai kesepakatan pada Januari 2017. Namun, Infantino yang memang mendukung penuh ide tersebut mengisyaratkan tentang adanya peluang untuk mempercepat rencana itu.

"Piala Dunia akan digelar di Qatar dengan 32 tim. Tentu saja, jika kami bisa meningkatkannya menjadi 48 tim dan membuat dunia senang maka kami harus mencobanya," ujar Infantino dalam konferensi Dubai International Sports.

"Jika Anda pikir adalah hal baik untuk memiliki 48 tim di Piala Dunia, mengapa tidak mencobanya empat tahun lebih cepat, itulah mengapa kami menganalisa kemungkinan untuk memiliki 48 tim pada 2022."

"Jika kami bisa mengakomodasi beberapa negara tetangga di Timur Tengah yang berdekatan dengan tuan rumah untuk menggelar beberapa laga Piala Dunia maka akan sangat menguntungkan wilayah tersebut dan juga seluruh dunia."

"Ada ketengangan khusus di wilayah ini dan semua tergantung pada pemimpin masing-masing negara untuk mengatasinya, namun mungkin lebih mudah untuk membicarakannya dalam proyek sepakbola ketimbang hal-hal rumit lainnya."

"Jika bisa membantu seluruh masyarakat Timur Tengah dan negara-negara di dunia untuk mengembangkan sepakbola dan membawa pesan positif ke dunia soal sepakbola, maka Anda memang harus mencobanya." ... Baca halaman selanjutnya