Luka Modric Raih Ballon d'Or, Era Messi-Ronaldo Berakhir

"Modric mendapatkan penghargaan prestius itu setelah meraup suara terbanyak "
Luka Modric (Instagram/Real Madrid)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Pemain tengah Real Madrid, Luka Modric meraih penghargaan tertinggi pesepakbola di dunia, Ballon d'Or. Ia mengalahkan dua pemain yang menghegemoni sejak 11 tahun yang lalu, Messi dan Ronaldo.

Modric mendapatkan penghargaan prestius itu setelah meraup suara terbanyak dan mengalahkan Ronaldo di peringkat kedua.

Sedangkan di peringkat ketiga ada Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe di peringkat keempat. Kedua penyerang asal Perancis tersebut berhasil mengisi posisi lima besar usai menjuari Piala Dunia 2018.

Lalu di peringkat ke lima ada Lionel Messi. Sang bintang Barcelona dari Argentina ini harus terpaut jauh dari rival beratnya Cristianp Ronaldo di peringkat kedua.

Messi gagal bersaing di perebutan Ballon d'Or karena beberapa kegagalannya bersama tim Katalan dan Timnas Argentina di musim 2017/2018. Ia gagal membawa Barcelona ke putaran Semi Final Liga Champions dan gagal pula meraih hasil positif bersama Argentina.

Pencapaian itu jelas berbanding terbalik dengan dua bintang Real Madrid-Modric dan Ronaldo. Keduanya sama-sama mampu membawa El Real menjuarai Piala Dunia Antar Klub 2017 dan Liga Champions.

Nilai tambah bagi Modric adalah pencapaiannya ketika membawa Kroasia ke final Piala Dunia 2018 dan berakhir sebagai runner up.

Di bawah Messi, ada Mohamed Salah. Pemain internasional Mesir itu meraih suara yang lebih sedikit dari Messi, yang kemudian diikuti oleh beberapa bintang lain seperti Kevin De Bruyne, Luis Suarez dan Neymar.

Dengan kemenangan Modric sebagai peraih Ballon d'Or, maka era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pun berakhir. Mereka berdua adalah peraih gelar terbanyak dalam dua dekade terakhir, keduanya sama-sama telah mengumpulkan 5 gelar sejak tahun 2007 lalu.(*)