16 Tahun Pengabdian, 'Paolo Maldini' Semen Padang FC Akhiri Karir Musim Ini?

"semangat untuk terus memberikan kemenangan kepada tim Kabau Sirah masih menjadi motivasi baginya agar terus bermain"
Kapten dan legenda hidup Semen Padang FC, Hengki Ardiles. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Setelah memastikan timnya lolos ke Liga 1 dan putaran Final Liga 2 2018, el capitano Hengki Ardiles mengaku tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya. Bek kelahiran 20 Mei 1981 ini mengaku sangat bersemangat, terlebih melihat ada regenerasi di dalam tim.

Namun, Hengki sendiri menyadari saat ini sudah tidak muda lagi. Bahkan, niatan untuk pensiun pun pernah muncul dari bapak dua anak ini. Tapi, semangat untuk terus memberikan kemenangan kepada tim Kabau Sirah masih menjadi motivasi baginya agar terus bermain.

Pemegang nomor punggung 11 ini mulai bergabung dengan Semen Padang FC ketika bergabung dengan tim junior pada tahun 1999. Satu tahun berselang, Hengki muda sukses memimpin rekan-rekannya menembus babak semi final Piala Soeratin.

Setelah itu, Hengki bersama sejumlah kolega seangkatannya seperti Oktavianus, Rifky Firdaus, Suyatno, Febi Martika Chandra, Tommy Pranata dan beberapa pemain lainnya, mulai dilirik masuk tim senior. Meski mereka tak langsung mendapatkan tempat di tim inti Semen Padang FC.

Selain itu, Hengki Ardiles sendiri dikenal sebagai pemain yang sangat loyal kepada Semen Padang FC. Sejak bergabung dengan tim Kabau Sirah, dia hanya sekali berganti seragam, yakni Persikabo pada tahun 2006 hingga 2008. Tapi setelah itu, Hengki dipanggil lagi, karena Semen Padang FC membutuhkan tenaganya.

Sejak 2008, Hengki tak lagi pernah tergeser dari skuat inti, walaupun pelatih silih berganti menukangi tim yang bermarkas di Indarung tersebut. Era kejayaan Hengki pun dimulai di Semen Padang sampai sekarang dengan status kapten tim sejak 2012 menggantikan Ellie Aiboy.

Tidak itu saja, pemain terbaik Indonesian Premier League (IPL) tahun 2011 ini juga dikenal sebagai sosok guru dan mentor bagi para pemain muda di Semen Padang FC. Dia pun sempat berseragam tim Nasional U-23 pada tahun 2009 dan timnas Senior tahun 2012 lalu.

Agaknya, sosok Hengki Ardiles pun layak disamakan ... Baca halaman selanjutnya