Piala AFF 2018: Nasib Indonesia Tergantung Filipina dan Singapura

"Dengan hasil tersebut, Indonesia yang sebelumnya menempati posisi dua klasemen, turun ke posisi empat klasemen sementara Grup B. "
Riko Simanjuntak diapit dua pemain Thailand (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Kekalahan atas Thailand membuat peluang semakin menipis untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Selain harus menang di laga selanjutnya, Timnas Indonesia juga harus bergantung dengan tim lain untuk bisa lolos.

Bertandang ke Bangkok, Timnas Indonesia menyerah dengan skor 2-4 atas Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). Ini kekalahan kedua Timnas Indonesia di Piala AFF setelah ditekuk Singapura 0-1.

Dengan hasil tersebut, Indonesia yang sebelumnya menempati posisi dua klasemen, turun ke posisi empat klasemen sementara Grup B. Skuat besutan Bima Sakti ini hanya meraih tiga poin dari tiga pertandingannya.

Sementara Filipina di posisi kedua setelah menang 3-2 atas Timor Leste. Tambahan tiga poin mengantar Filipina ke posisi dua klasemen dengan koleksi enam poin dari dua pertandingannya.

Singapura di posisi tiga yang mengantongi tiga poin dari dua pertandingan dan unggul selisih gol dari Indonesia. Thailand, Filipina dan Singapura saat ini masih menyisakan dua pertandingan.

Sedangkan Indonesia dan Timor Leste tinggal memiliki satu pertandingan. Itu artinya, peluang Indonesia untuk lolos semakin berat karena Indonesia harus menang dengan banyak gol saat melawan Filipina di laga terakhir.

Namun, Indonesia juga berharap hasil di laga lainnya Thailand bisa mengalahkan Filipina dan Singapura meraih hasil buruk di dua sisa pertandingannya.

Tentu saja, pelatih Bima Sakti harus mempersiapkan diri dan fokus melawan Filipina di laga terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018).

"Kami 'nothing to lose'. Kita selesaikan fase grup ini dan terpenting bisa menang di pertandingan melawan Filipina tanggal 25 November," kata Bima Sakti saat jumpa pers usai laga melansir suara.com.