Kalah dari Tim Liga Pro, Timnas Futsal Indonesia U-20 Harus Berbenah

"uji coba tersebut bertujuan melihat hasil latihan selama ini."
Suasana latihan tim Futsal Indonesia U-20 (Ade Suhendra/KLIKPOSITIF)

YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF -- Timnas Futsal Indonesia U-20 harus akui keunggulan salah satu tim Liga Pro Futsal Indonesia SKN FC. Skor 5-4 menjadi hasil akhir uji coba yang dilakukan Timnas Futsal Indonesia U-20 jelang kompetisi Kualifikasi AFC U-20 Futsal Championship di Thailand pada 1-9 Desember 2018 mendatang.

Tim pelatih Timnas Futsal Indonesia U-20 Sayan Karmadi saat ditemui usai uji coba di GOR Universitas Negeri Yogyakarta mengatakan uji coba tersebut bertujuan melihat hasil latihan selama ini. Dalam uji coba menurutnya dapat terlihat skema yang tidak jalan dan mana yang harus diperbaiki.

"Kalau masalah komposisi pemain kita juga lagi lihat mana yang berjalan dan mana yang tidak berjalan. Intinya uji coba ini semua pemain dimainkan dan dinilai sesuai apa yang kita latih dan bisa diaplikasikan apa tidak oleh pemain," kata Coach Sayan.

Hasil evaluasi uji coba tersebut, ia menilai masih banyak kekurangan dan hal-hal yang harus dibenahinya. Menurutnya jelang kompetisi sebenarnya, pemain harus ekstra latihan mengingat masih akan adanya juga pengurangan pemain dari jumlah 19 pemain saat ini.

"Salah satu yang harus diperbaiki adalah pergerakan tanpa bola dan setplay. Kemudian juga skema bertahan secara individu yang masih kurang. Kami juga akan fokus terhadap tim dulu," katanya dan mengaku belum memikirkan lawan yang akan dihadapi di Zona Asean nanti.

Indonesia sendiri berada di Zona Asean dan diisi oleh empat negara lainnya seperti Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Selain itu, juga ada Zona Asia Tengah yang diisi oleh Afghanistan, Iran, Kirgizstan, Tajikistan, dan Turkmenistan.

Kemudian Zona Asia Timur ada Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Macau, dan Mongolia. Terakhir Zona Asia Barat seperti Irak, Kuwait, Lebanon, Arab, Saudi, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

[Ade Suhendra]