Timnas Indonesia Siapkan Banyak Strategi di Semifinal AFF MNC Futsal

"Kehilangan dua pemain memang memberikan dampak terhadap tim"
Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF -- Timnas Futsal Indonesia memastikan bakal menjadi penantang Thailand di semi final AFF MNC Futsal Championship 2018 usai tumbangkan Kamboja 13-0.

Sedangkan Thailand, melangkah dengan pasti ke semi final usai menang dramatis 4-1 atas Vietnam dan sekaligus menjadi penguasa grup B.

Namun kondisi berbeda akan dirasakan Indonesia pasca kehilangan dua pemain andalannya M. Iqbal Rahmatullah dan Andri Kustiawan saat kalah atas Malaysia 7-5.

Pelatih futsal Indonesia, Kensuke Takahashi mengatakan Thailand adalah tim yang memiliki sistem pertahanan yang cukup kuat.

"Thailand dan Vietnam dilatih oleh pelatih dari Spanyol. Kemungkinan cara bermainnya pun juga lebih ke Futsal Eropa. Untuk bertahan baik Thailand maupun Vietnam, mereka sama dan kuat," katanya pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan kehilangan dua pemain memang memberikan dampak terhadap tim. Tapi menurutnya dalam latihan juga tidak terpaku dalam satu strategi dan ada kemungkinan lain yang akan diterapkan oleh Timnas Futsal Indonesia di babak semi final AFF MNC Futsal Championship 2018 yang akan berlangsung di GOR UNY.

"Dibandingkan laga saat melawan Malaysia, mental pemain cukup bagus dibandingkan lawan Kamboja. Nantinya saat bertemu Thailand, banyak taktik disiapkan dan kalau pemain bisa menerapkannya, kami yakin dapat merubah keadaan dan lolos ke final," kata pelatih asal Jepang yang juga menangani Timnas Futsal U-20 tersebut.

Memiliki waktu satu hari jelang semi final, akan dimanfaatkan oleh Bambang Bayu Saptaji dkk untuk latihan maksimal. Sehingga saat pertandingan nanti dikatakan Kensuke, stamina pemain dapat stabil hingga akhir laga.

"Kami berharap pemain dapat mengurangi kesalahan dan error di awal babak. Kami akui untuk melewati fase grup ini cukup sulit dan tentunya butuh dukungan dari media dan pendukung timnas agar futsal Indonesia dapat berkembang ke depannya," pungkasnya kemudian.

[Ade ... Baca halaman selanjutnya