Bersama PSG, Buffon Enggan Pikirkan Pensiun dari Sepakbola

"Sekarang Buffon menikmati hidupnya sebagai pemain sepakbola di klub kaya tersebut"
Gianluigi Buffon (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Mantan penjaga gawang anyar Juventus, Gianluigi Buffon tengah menikmati masa senjanya di sepakbola bersama Paris Saint-Germain, setelah meninggalkan Italia pada akhir musim 2017/18 lalu.

Sekarang Buffon menikmati hidupnya sebagai pemain sepakbola di klub kaya tersebut. Saking nikmatnya, ia belum menentukan kapan harus pensiun, bahkan terkesan enggan.

"Saya telah banyak belajar dalam beberapa tahun terakhir bahwa merupakan sebuah kesalahan ketika menetapkan batas waktu kepada diri sendiri," katanya dikutip dari L’Equipe’s Sport & Style Magazine.

Sembari mengingat, Buffon menyebut saat umurnya masih 32 tahun, ia memutuskan untuk pensiun di umur 35 tahun. Namun angka tersebut hingga kemudian berhenti di umur 40 tahun.

Namun meski sudah di umur 40 tahun ini, Buffon masih belum pensiun. Menyadari hal itu, ia tidak mau lagi menetapkan umur untuk pergi selamanya dari sepakbola.

"Hidup sudah digariskan sehingga saya masih di sini sampai hari ini. Saya tidak bisa berhenti dalam enam bulan, satu tahun atau 10 tahun dan saya tidak ingin bertanya atau pun tahu," sebut mantan kiper Timnas Italia itu.

Bagi dirinya, dia tidak meninggalkan suasana di ruang ganti pemain dan cenderung susah menjalani kehidupan normal selayaknya masyarakat biasa.

"Saya tahu, emosi dan kehidupan di ruang ganti tak bisa saya temukan di tempat lain. Saya tak yakin, seorang pemain normal akan menjalani kehidupan seperti saya lalui. Anda harus mengakui bahwa kehidupan memiliki beberapa fase dan anda tidak boleh terkejut," tukasnya.

"Jadi, saya menyadari bahwa satu hari nanti pasti terjadi dan saya tidak akan terkejut. Meskipun demikian, saya menyadari bahwa semuanya akan sangat berbeda," pungkas Buffon kemudian.(*)