"Memory Pahit" Piala AFF U-15 2017 Bayangi Langkah Timnas U-16 Menuju Piala Dunia

"Semua pemain dalam kondisi bagus, tidak ada masalah. Mereka semua tidak gentar menghadapi Australia"
Pemain Timnas Indonesia U-16 (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 bersiap hadapi Australia U-16 pada perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018). Laga ini sangat penting bagi sejarah sepakbola Indonesia.

Sebagaimana diketahui, jika Timnas Indonesia U-16 bisa mengalahkan Australia, maka akan otomatis lolos ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

FIFA memberikan empat slot kepada empat negara yang masuk ke semifinal Piala Asia U-16 2018 untuk jadi peserta Piala Dunia U-17.

Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-16, optimistis menatap laga melawan Australia. Meski lawan yang dihadapi tidak mudah, David Maulana dan kawan-kawan sama sekali tidak gentar.

"Semua pemain dalam kondisi bagus, tidak ada masalah. Mereka semua tidak gentar menghadapi Australia," kata Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini.

Namun, Indonesia memiliki pengalaman buruk saat berhadapan dengan Australia. Pasukan Merah Putih pernah takluk dari Australia dengan skor 3-7 di Piala AFF U-15 2017 yang digelar di Thailand.

Fakhri menilai kekalahan itu jadi modal yang sangat berharga. Pelatih berusia 53 tahun ini pun menjadikan pertandingan tersebut sebagai laga final.

"Piala AFF U-15 2017 itu modal berharga dan pelajaran buat kami. Melawan Australia seperti laga final buat kami," tambah Fakhri.

Sama halnya dengan Indonesia, Australia dipastikan bakal tampil habis-habisan demi satu tiket ke Piala Dunia U-17 Peru.

Pelatih Australia Trevor Morgan cukup optimistis mampu mengalahkan Garuda Asia karena memiliki modal yang bagus.

Namun, Trevor tetap mengingatkan anak asuhannya untuk waspada. Sebab, menurutnya Timnas Indonesia U-16 bermain sangat baik di turnamen kali ini.

"Dalam setiap pertandingan kami bisa menang dan kami siap untuk meraih kemenangan. Kami sangat siap menghadapi Indonesia," ujar Morgan. (*)

Sumber: Suara.com