Buntut Pengeroyokan Haringga di GBLA, PSSI Hentikan Liga 1

"PSSI untuk sementara waktu menghentikan Liga 1 senior, sementara waktunya sampai kapan belum bisa menentukannya"
Gojek Liga 1 (Net)

KLIKPOSITIF -- PSSI mengambil tindakan menyusul tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, Minggu (23/9/2018). PSSI memutuskan untuk menghentikan Liga 1 hingga batas yang tidak ditentukan.

Keputusan PSSI menghentikan bergulirnya Liga 1 untuk sementara seuai dengan keinginan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan tenggat waktu selama dua pekan bagi PSSI untuk membenahi kasus yang mengakibatkan nyawa suporter melayang. Jika tidak, Imam akan mengambil tindakan.

"PSSI untuk sementara waktu menghentikan Liga 1 senior, sementara waktunya sampai kapan belum bisa menentukannya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan kita, rasa bela sungkawa kita kepada almarhum. Tenang dulu, kita baru berpikir, kita sedang bela sungkawa," kata Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dalam jumpa pers di Hotel Borobudur, Selasa (25/9/2018) melansir suara.com.

"Berikan kami PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan klub menyelesaikan ini. Kami akan bahas masalah ini segera. Nanti kami akan membuat SOP segera dan menghentikan kegiatan yang merugikan. Soalnya, tewasnya suporter ini terus berulang ulang terus," tambahnya.

Dengan dihentikannya Liga 1, PSSI akan membuat laporan kepada AFC dan FIFA.

"Kami melaporkan dan akan koordinasi dengan pihak AFC dan FIFA. Karena kami tidak boleh lepas dari FIFA. Kami juga akan koordinasi dengan pihak terkait yang berkhusus dengan olahraga khususnya dengan sepak bola seperti BOPI dan Kemenpora," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Minggu (23/9/2018) siang sekitar pukul 13:00 WIB, Haringga Sirila meregang nyawa. Suporter Persija berusia 23 tahun itu meregang nyawa ditangan suporter Persib Bandung, Bobotoh, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa ... Baca halaman selanjutnya