Piala Asia U-16: Gol Sutan Zico Selamatkan Indonesia dari Kekalahan

"Alih-alih unggul, Indonesia justru harus tertinggal usai kebobolan di menit 30."
Sutam Zico (9) (Goal.com)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 melakoni pertandingan kedua di babak penyisihan Grup C Piala Asia U-16 2018. Menghadapi Vietnam di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (24/9/2018) malam WIB, Timnas Indonesia U-16 harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 1-1.

Vietnam memulai laga dengan bermain ofensif. Mereka lebih konstan melancarkan serangan, namun masih kesulitan menembus lini pertahanan Indonesia di 10 menit awal.

Di sisi lain, Indonesia bermain dengan lebih bersabar. Indonesia sendiri baru memperoleh kans yang cukup bagus untuk mencetak gol di menit 14. Striker andalan Bagus Kahfimelepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Akan tetapi, sepakan tersebut masih lemah dan mudah diamankan kiper Vietnam.

Menit 24, Bagus kembali meneror pertahanan Vietnam. Sang wonderkid melakukan aksi individu, melewati tiga pemain lawan, sebelum menembus kotak penalti Vietnam.

Sayang, Bagus kemudian dijatuhkan dan bola berhasil direbut lawan. Wasit sendiri tidak melihat kejadian ini sebagai pelanggaran, padahal dalam tayangan ulang terlihat jelas jika salah seorang pemain Vietnam menjatuhkan Bagus di kotak terlarang.

Alih-alih unggul, Indonesia justru harus tertinggal usai kebobolan di menit 30. Pelanggaran yang dilakukan Muhammad Salman di depan tepi kotak penalti Indonesia membuat wasit memberikan hadiah tendangan bebas untuk Vietnam.

Sepakan kaki kiri cantik Khuat Van Khang, yang maju sebagai eksekutor free kick pun membobol gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari. Indonesia tertinggal 0-1.

Hanya tiga menit setelah gol Vietnam, Indonesia mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan, juga via tendangan bebas. Sayang, sepakan Bagus di tepi kotak penalti Vietnam masih terlalu lemah dan membentur pagar hidup.

Babak pertama akhirnya usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam atas ... Baca halaman selanjutnya