Mengidap Penyakit Langka, Eks Pemain Liverpool Ini Pensiun Dini

"Salah satu tokoh ternama yang mengidap penyakit tersebut adalah ilmuwan ternama Inggris, mendiang Stephen Hawking"
Stephen Darby saat berseragam Liverpool sebelum pindah ke Bolton Wanderers. (net)

KLIKPOSITIF -- Malang benar nasib pesepakbola bernama Stephen Darby. Eks pemain Liverpool ini terpaksa pensiun dini usai didiagnosa kena penyakit motor neuron. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang berdampak pada motor neuron dan mempengaruhi sel saraf spesialis di otak dan sumsum tulang belakang hingga menyebabkan permasalahan pada otak.

Seperti dikutip dari Football5star, penyakit ini terbilang langka. Di Inggris, setidaknya dua dari setiap 100 ribu orang mengidap penyakit ini tiap tahunnya. Salah satu tokoh ternama yang mengidap motor neuron adalah ilmuwan ternama Inggris, mendiang Stephen Hawking.

Sementara itu, Darby cukup sedih dengan sakit yang dia derita, terlebih penyakitnya itu memaksanya mengakhiri karier sepak bolanya pada usia 29 tahun. "Saya ingin meminta privasi saat ini hingga dapat menyesuaikan diri dengan pertarungan yang saya hadapi dan dapat menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat," ujarnya.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih pada rekan satu tim, manajer dan semua staf di Bolton untuk dukungan yang luar biasa mereka pada periode yang sangat sulit ini," katanya menambahkan.

Darby merupakan jebolan akademi Liverpool pada 2007 lalu. Namun, baru pada 2010, dia promosi ke tim utama. Kendati begitu, kariernya tidak berjalan lancar bersama The Reds. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini kalah bersaing hingga dipinjamkan ke Notts County pada 2011.

Tak kunjung dipercaya oleh pelatih Liverpool, pemain yang juga bisa bermain di posisi bek kanan itu dilepas ke Bradford City 2012 lalu. Lima musim disana, Darby kemudian mengakhiri kariernya di Bolton Wanderers. (*)

sumber: football5star